Teknik Sumber Daya Alam dan LingkunganTechniques of Natural Resources and Environment

LABORATORIUM TEKNIK SUMBER DAYA ALAM DAN LINGKUNGAN JURUSAN KETEKNIKAN PERTANIAN KETUA LABORATORIUM :
  • Dr. Liliya Dewi Susanawati, ST.MT.
LABORAN :
  • Siswojoyo
PROFIL Laboratorium Teknik Sumber Daya Alam dan Lingkungan berada di bawah Program studi Teknik Sumber Daya Alam dan Lingkungan (TSAL), dimana  Program studi Teknik Sumber Daya Alam dan Lingkungan (TSAL) adalah bidang multidisiplin ilmu teknik yang menggabungkan ilmu biologi, kimia dan fisika dengan ilmu teknik. Di bawah unit kerja Fakulas Teknologi Pertanian Universitas Brawijaya, TSDAL berusaha menumbuhkan individu yang akan mencoba untuk menstabilkan hubungan antara manusia dan lingkungan sementara pada saat yang sama melestarikan dan menciptakan suatu lingkungan dimana orang dapat hidup dengan aman dan nyaman bersama-sama dengan makhluk hidup lainnya. Karena masalah lingkungan dan pengelolaan sumber daya alam perlu manajemen yang komprehensif untuk menghindari degradasi lingkungan. Pemecahan masalah lingkungan tidak hanya dalam tindakan kuratif (setelah terjadi kerusakan lingkungan), tetapi juga membutuhkan perencanaan pengeloaan sumber daya alam yang terbaik. [caption id="attachment_2308" align="aligncenter" width="300"]tsal1 tsal1[/caption] Pertanian, perkotaan, dan sumber pertambangan merupakan sumber pollutant yang menimbulkan dampak yang dapat menurunkan kualitas air permukaan dan air tanah. Sistem informasi geografi berbasis pada model pengelolaan daerah aliran sungai (DAS) akan sangat membantu untuk merancang praktek konservasi tanah, pencegahan polusi kimia dari badan air sungai dan perlindungan biota perairan.

tsal2

Staff Akademik Program Studi kami saat ini memiliki 7 staf akademik, dengan bidang keahlian yang umumnya dalam pengelolaan sumber daya air, GIS dan hidro-informatik, manajemen DAS, dan bidang teknik lingkungan. Prof. Dr. Ir. Bambang Suharto, MS Bidang keahlian Hidrologi, Pengelolaan DAS, Manajemen Sumber Daya Air Dr. Ir. Ruslan Wirosoedarmo, MS Bidang Keahlian Irigasi dan Drainase Dr. Ir. Bambang Rahadi, MS Bidang keahlian Teknik Lingkungan dan Analisis Lingkungan Dr. Ir. Alexander Tunggul St. Haji, MT Bidang Keahlian Hydro-informatics dan GIS Evi Kurniati, STP. MT Bidang Keahlian Teknik Lingkungan Akhmad Adi Sulianto, STP. MSc Bidang keahlian Teknik Air dan Tanah, Konservasi Pantai Dr. Ir. Liliya Dewi Susanawati, MS Bidang keahlian Irigasi dan drainase, Managemen Sumberdaya Air Siswojoyo Laboran ALAT-ALAT YANG DIMILIKI LABORATORIUM TSAL Current metter, pH tanah, pH air, Rainfall Simulator, Infiltrometer, Abney Hand Level, Stopwatch,Gelas ukur, Prisma, Theodolith, Oven, Pompa, Water Quality. Konduktifitas Hidrolik Jenuh dll. DOKUMENTASI PRATIKUM di laboratorium TSAL Dokumentasi Praktikum Lapang laboratorium Teknik Sumber Daya Alam dan LingkunganLABORATORIUM TEKNIK SUMBER DAYA ALAM DAN LINGKUNGAN JURUSAN KETEKNIKAN PERTANIAN KETUA LABORATORIUM :
  • Dr. Liliya Dewi Susanawati, ST.MT.
LABORAN :
  • Siswojoyo
PROFIL Laboratorium Teknik Sumber Daya Alam dan Lingkungan berada di bawah Program studi Teknik Sumber Daya Alam dan Lingkungan (TSAL), dimana  Program studi Teknik Sumber Daya Alam dan Lingkungan (TSAL) adalah bidang multidisiplin ilmu teknik yang menggabungkan ilmu biologi, kimia dan fisika dengan ilmu teknik. Di bawah unit kerja Fakulas Teknologi Pertanian Universitas Brawijaya, TSDAL berusaha menumbuhkan individu yang akan mencoba untuk menstabilkan hubungan antara manusia dan lingkungan sementara pada saat yang sama melestarikan dan menciptakan suatu lingkungan dimana orang dapat hidup dengan aman dan nyaman bersama-sama dengan makhluk hidup lainnya. Karena masalah lingkungan dan pengelolaan sumber daya alam perlu manajemen yang komprehensif untuk menghindari degradasi lingkungan. Pemecahan masalah lingkungan tidak hanya dalam tindakan kuratif (setelah terjadi kerusakan lingkungan), tetapi juga membutuhkan perencanaan pengeloaan sumber daya alam yang terbaik. [caption id="attachment_2308" align="aligncenter" width="300" caption="tsal1"]tsal1[/caption] Pertanian, perkotaan, dan sumber pertambangan merupakan sumber pollutant yang menimbulkan dampak yang dapat menurunkan kualitas air permukaan dan air tanah. Sistem informasi geografi berbasis pada model pengelolaan daerah aliran sungai (DAS) akan sangat membantu untuk merancang praktek konservasi tanah, pencegahan polusi kimia dari badan air sungai dan perlindungan biota perairan.

tsal2

Staff Akademik Program Studi kami saat ini memiliki 7 staf akademik, dengan bidang keahlian yang umumnya dalam pengelolaan sumber daya air, GIS dan hidro-informatik, manajemen DAS, dan bidang teknik lingkungan. Prof. Dr. Ir. Bambang Suharto, MS Bidang keahlian Hidrologi, Pengelolaan DAS, Manajemen Sumber Daya Air Dr. Ir. Ruslan Wirosoedarmo, MS Bidang Keahlian Irigasi dan Drainase Dr. Ir. Bambang Rahadi, MS Bidang keahlian Teknik Lingkungan dan Analisis Lingkungan Dr. Ir. Alexander Tunggul St. Haji, MT Bidang Keahlian Hydro-informatics dan GIS Evi Kurniati, STP. MT Bidang Keahlian Teknik Lingkungan Akhmad Adi Sulianto, STP. MSc Bidang keahlian Teknik Air dan Tanah, Konservasi Pantai Dr. Ir. Liliya Dewi Susanawati, MS Bidang keahlian Irigasi dan drainase, Managemen Sumberdaya Air Siswojoyo Laboran ALAT-ALAT YANG DIMILIKI LABORATORIUM TSAL Current metter, pH tanah, pH air, Rainfall Simulator, Infiltrometer, Abney Hand Level, Stopwatch,Gelas ukur, Prisma, Theodolith, Oven, Pompa, Water Quality. Konduktifitas Hidrolik Jenuh dll. DOKUMENTASI PRATIKUM di laboratorium TSAL Dokumentasi Praktikum Lapang laboratorium Teknik Sumber Daya Alam dan Lingkungan

Export date : Wed, 29 Mar 2017 13:14:57
Exported from [ http://tp.ub.ac.id/penelitian-dan-pengabdian/laboratorium-dan-studio/teknik-sumber-daya-alam-dan-lingkungan-2/ ]