Ditulis pada tanggal 15 September 2017, oleh Dyah Sushanty, pada kategori News

Yusuf Wibisono, STP. MSc., PhD, dosen program studi Teknologi Bioproses Fakultas Teknologi Pertanian  Universitas Brawijaya , diundang secara personal oleh Prof Ng How Yong dari National University of Singapore untuk menjadi Session Chair pada the 8th IWA Membrane Technology Conference and Exhibition for Water and Wastewater Treatment and Reuse. Konferensi internasional yang diselenggarakan oleh International Water Association (IWA) ini berlangsung di Suntec Convention and Exhibition Centre pada tanggal 5-9 September 2017. Yusuf dipercaya untuk mengatur jalannya konferensi pada sesi Energy and Resource Recovery using Membrane Processes, bersama dengan Prof Jorg Drewes dari Technical University Munich, Jerman.

Selain bertugas menjadi session chair, pada konferensi yang dihadiri oleh lebih dari 400 delegasi seluruh dunia, Yusuf juga mempresentasikan secara oral hasil penelitiannya berjudul “Anti-algal surface modification for membrane-based microalgae harvesting“. Penelitian ini sebelumnya didanai oleh Kurita Water Jepang dan AIT Thailand. Hasil penelitian ini juga menarik perhatian peneliti dari Tsinghua University, China untuk menjajaki kerjasama penelitian dimasa yang akan datang.

Pada akhir konferensi, Yusuf mengunjugi salah satu instalasi pengolahan air milik pemerintah Singapura yaitu Choa Chu Kang Waterworks yang memakai teknologi membran keramik yang terbesar sedunia untuk pengolahan air permukaan menjadi air minum.