Ditulis pada tanggal 7 October 2017, oleh Dyah Sushanty, pada kategori News

Profesor Dr. Teti Estiasih, STP.MP., guru besar yang juga merupakan Ketua Jurusan Teknologi Hasil Pertanian Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Brawijaya memberikan materi pada ratusan peserta dari berbagai perguruan tinggi se Jawa Timur dalam “Workshop Pengelolaan dan Penulisan Jurnal Ilmiah Pengabdian pada Masyarakat” di Universitas Surabaya, Jumat-Sabtu (6-7/10/2017).

Dalam paparannya Prof Teti menjelaskan bahwa keberadaan artikel ilmiah pada jurnal internasional berperan penting dalam menunjang internasionalisasi universitas. Oleh karena itu perlu peningkatan kemampuan penulisan artikel dan jurnal bagi dosen sebagai langkah mengoptimalkan publikasi ilmiah masing masing universitas.

Lebih lanjut Prof Teti yang juga merupakan pakar ilmu pangan ini menjelaskan salah satu kiat sukses menulis jurnal internasional adalah bahwa artikel ilmiah tersebut haruslah diminati oleh dunia internasional atau bersifat universal. “Sebaiknya topik artikel kita bersifat universal agar diminati dunia internasional meski ada beberapa tema lokal yang juga diulas dalam beberapa jurnal internasional seperti misalnya budaya. Kemudian yang juga tak kalah penting adalah menaati format dan pedoman penulisan yang diminta. Umumnya pedoman penulisan mencakup format (ukuran dan jenis kertas, spasi, penomoran halaman, jumlah baris per halaman, margin dan penomoran setiap baris tulisan), penulisan title page (judul artikel, penulis berserta alamatnya, alamat korespondensi dan permintaan reprint), serta penulisan badan artikel.  Sering terjadi editor menolak suatu artikel ilmiah disebabkan tulisan tersebut tidak sesuai dengan format yang telah ditentukan. Jadi ikutilah format penulisan sesuai pedoman masing masing jurnal,” pungkasnya. (dse)