Ditulis pada tanggal 9 October 2017, oleh Dyah Sushanty, pada kategori News

Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Brawijaya melaksanakan kuliah tamu bertema All About Turkey ; Agroindustry, Processed Food, Agriculture, Agrotourism, Jumat (06/10/2017) di Ruang Sidang FTP lantai 8. Menghadirkan Assoc. Prof. Dogan Karadag dari Yildiz Technical University – Turki, kuliah tamu yang dimulai sejak pukul 08.30 WIB ini tampak dipadati sekitar 100 mahasiswa jurusan Teknologi Industri Pertanian FTP.

Dalam paparannya, Assoc. Prof. Dogan Karadag menjelaskan ,”Turki merupakan produsen pertanian terbesar di Eropa. Bahkan meskipun tergolong negara yang tidak terlalu luas, Turki merupakan produsen terkemuka dunia dalam produk pertanian, tekstil, kendaraan bermotor, kapal, sarana transportasi, bahan bangunan, elektronik konsumen, dan peralatan rumah tangga. Nilai ekspor Turki di tahun 2016 mencapai $ 150,1 miliar atau peringkat ke-28 dunia dengan negara tujuan utama meliputi Jerman, Britania Raya, Irak, Italia, Amerika Serikat dan Perancis. Perekonomian Turki termasuk maju dengan PDB ke-17 dunia dan merupakan terbesar di Timur Tengah,” paparnya.

Lebih lanjut Assoc. Prof. Dogan Karadag  juga menjelaskan bahwa sekitar 40 persen dari angkatan kerja bergerak di bidang pertanian. Meski tanaman utama Turki adalah gandum yang tumbuh terutama di dataran tinggi Anatolia, tetapi tanaman ekspor utamanya adalah kapas, tumbuh di pantai Mediterania, dan tembakau, tumbuh di pantai Aegea dan laut Hitam. Adapun jenis komoditas komersial lainnya meliputi tomat, buah ara, kismis, buah zaitun, hazelnut, kacang pistachio, dan buah jeruk.

Tentang pariwisata dan pendidikan, pakar bioremediasi dari Yildiz Technical University – Turki ini menjelaskan bahwa Turki yang terletak di kawasan Eurasia ini terbentang dari Semenanjung Anatolia di Asia Barat Daya dan daerah Balkan di Eropa Tenggara. Banyak alasan yang menjadikan Turki sebagai salah satu destinasi yang wajib dikunjungi. “Karena terletak diantara dua benua, ini menjadikan Turki negara unik yang sangat indah. Selain menyimpan keindahan alam yang menarik, Turki juga memiliki banyak sekali tempat bersejarah yang menyimpan banyak cerita yang menjadi daya tarik tersendiri. Beberapa tempat menarik yang wajib dikunjungi diantaranya adalah Blue Mosque, Galata Bridge, Cappadocia, Goreme, Urgup, Avanos, Konya, Topkapi Pallace dan Blue Lagoon. Selain itu salah satu yang menarik dari Turki adalah sistem pendidikannya. Sebagai sedikit gambaran umum tentang sistem pendidikan di Turki, pendidikan di sini dibagi menjadi tiga jenjang pendidikan yaitu Pendidikan Dasar, Pendidikan Menengah dan Pendidikan Tinggi,” paparnya.

Assoc. Prof. Dogan Karadag yang merupakan alumni University of Southampton ini menjelaskan bahwa  pendidikan dasar (İlköğretim) atau SD/İlk Okulu di Republik Turki ditempuh dalam kurun waktu empat tahun. Adapun pendidikan menengah (Ortaöğretim) terdiri dari SMP (Orta Okulu) dan SMA (Lise) yang masing masing ditempuh selama empat tahun.

“Untuk pendidikan tinggi (Yükseköğretim), dibagi dalam Undergraduate Program (S1) yang biasanya ditempuh dalam waktu empat tahun, kecuali untuk program studi kedokteran yang sedikit lebih lama; Master (S2) yang ditempuh dalam dua tahun dan Doktoral (S3) yang ditempuh dalam masa empat tahun. Menariknya, semua jenjang pendidikan di Turki ini gratis untuk siapa saja, baik penduduk asli atau warga asing,” pungkasnya. (dse)