Ditulis pada tanggal 17 April 2018, oleh Dyah Sushanty, pada kategori News

Mahasiswa Fakultas Teknologi Pertanian (FTP) Universitas Brawijaya (UB) kembali harumkan almamater di kancah internasional. Dalam ajang The 15th Hokkaido Indonesian Student Association Scientific Meeting (HISAS 15) yang digelar di Hokkaido University- Jepang akhir Maret 2018 lalu, tim BIOKUPING dari jurusan Teknologi Industri Pertanian (TIP) FTP UB berhasil meraih predikat best presenter menyisihkan 75 paper lainnya.  Tim BIOKUPING ( Bio Plastik Kulit Pisang) yang beranggotakan Rizki Septian Candra Kusuma (TIP 2013), Sellyan Lorenza Olanda Putri (TIP 2015) dan Anis Shafira Rinaldi (TIP 2015) berhasil meraih prestasi pada kategori Sustainable Environment and Renewable Energy HISAS 15 atas penelitiannya yang berjudul The Utilization of Banana Peels Waste by The Addition of Pseudomonas putida and Biotin to Make Effective and Eco-friendly Bioplastic; sebuah inovasi yang mengubah limbah kulit pisang menjadi bioplastik.  HISAS 15 merupakan kegiatan ilmiah sejak tahun 2001 untuk bertukar pengetahuan dan teknologi bagi para mahasiswa/peneliti S1, S2 hingga S3.

Sementara itu ada pula Ulfatu Mahmuda (TIP 2016), Annisa Aurora (THP 2015) dan Joko Tri Rubiyanto (TIP 2014) yang berhasil meraih juara tiga dalam International Biotechnology Competition and Exhibition 2018 di Universiti Teknologi Malaysia (13-14/04/2018) atas penelitiannya yang berjudul Edible Oil Extraction of Spirulinna Sp. using Pulse Electric Field for Sustainable DHA Resources.

Menanggapi prestasi tersebut, Wakil Dekan III FTP bidang Kemahasiswaan, Yusuf Hendrawan, STP.M.App.Life. Sc. Ph.D. mengatakan,”Selamat untuk adik adik mahasiswa. Semoga capaian prestasi ini diikuti oleh tim FTP lainnya. Salut untuk mahasiswa FTP, selain pintar berinovasi juga hebat sebagai entrepreneur. Semoga lulusan FTP UB nantinya bisa menjadi inovator sekaligus wirausahawan sukses. Terimakasih pula kepada dosen pembimbing yang tekun mendampingi. Sukses selalu dan tetap semangat,” pungkasnya. (dse)