Ditulis pada tanggal 7 September 2017, oleh Dyah Sushanty, pada kategori News

Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Brawijaya melaksanakan kuliah tamu bertema “Fungtional Food” di Gedung Pasca Sarjana FTP, Rabu (06/09/2017). Menghadirkan Albert Linton Charles, Ph.D.  dari Departement Tropical Agriculture and International Cooperation – National Pingtung University of Science and Technology – Taiwan, kuliah tamu yang dimulai pukul 10.00 WIB ini dipadati sekitar 100 mahasiswa pascasarjana jurusan Teknologi Hasil Pertanian FTP.

Dalam paparannya, Dr. Albert menjelaskan tentang Phytochemicals, Fibers dan Prebiotics. “Phytochemicals adalah sejenis bahan kimia alami yang terdapat dalam tumbuhan yang berguna bagi kesehatan. Ini karena phytochemicals  mempunyai kemampuan sebagai antioksidan, meniru peran hormon, menstimulasi enzym,  mengubah kandungan darah yang berpotensi menjadi penyakit maupun kemampuan sebagai anti bakteri dan radikal bebas.  Umumnya phytochemicals ini terkandung dalam sayuran berwarna hijau, kuning gelap dan merah seperti tomat. Adapun Fiber atau serat merupakan kandungan tumbuhan yang umumnya ditemui pada sayuran, buah-buahan, biji-bijian serta kacang-kacangan. Serat dalam makanan ini umumnya disebut sebagai dietary fiber. Serat ini sangat berguna karena mampu menjaga kesehatan usus, menurunkan kolesterol, mencegah diabetes serta melancarkan pencernaan,” jelasnya.

Lebih lanjut Dr. Albert juga menjelaskan tentang konsep synbiotics yang merupakan gabungan prebiotik dan probiotik. Jika prebiotik adalah senyawa natural dalam makanan yang tidak dapat dicerna usus dan berfungsi sebagai suplemen untuk mendorong pertumbuhan mikroorganisme baik dalam sistem pencernaan. Probiotik merupakan mikroorganisme hidup atau bakteri baik yang secara alami berada di dalam usus. Prebiotik bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan pencernaan dan berpotensi meningkatkan penyerapan kalsium. Sementara manfaat probiotik adalah bagi kesehatan secara keseluruhan termasuk diantaranya kebaikan pencernaan dan meningkatkan sistem imun.  (dse)