Ditulis pada tanggal 9 Maret 2018, oleh Dyah Sushanty, pada kategori News

Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Brawijaya menyelenggarakan kuliah tamu bertema “Cereal Domestication and Its Impact on Crop Adaption and Grain Nutrition” Kamis (08/03/2018). Menghadirkan Prof. Senthil Nathesan, Ph.D. dari Agricultural College and Research Institute (AC&RI), Madurai – India, kuliah tamu yang dimulai pukul 09.00 WIB ini dipadati sekitar 200 mahasiswa berbagai angkatan jurusan Teknologi Hasil Pertanian.

Dalam paparannya Prof. Senthil menjelaskan bahwa sereal merupakan makanan pokok manusia, pakan ternak dan bahan industri yang mempergunakan karbohidrat sebagai bahan baku. Sereal dapat diklasifikasikan berdasarkan tekstur biji, warna kulit biji serta musim tanamnya.

Lebih lanjut Prof. Senthil juga menjelaskan beberapa jenis biji biji lainnya yang dapat digunakan sebagai subtitusi sereal seperti diantaranya barley. Barley merupakan golongan biji bijian yang mengandung jumlah serat yang lebih tinggi dibandingkan beras merah. Selain itu barley juga mengandung protein dan mineral yang dibutuhkan tubuh sehingga baik dikonsumsi. (dse)