Ditulis pada tanggal 10 Agustus 2017, oleh Dyah Sushanty, pada kategori News

Program Pasca Sarjana Teknologi Industri Pertanian Fakultas Teknologi Pertanian menyelenggarakan lokakarya kurikulum di Ruang Sidang FTP, Kamis – Jumat (3-4/08/2017). Menghadirkan narasumber kompeten dari kalangan birokrat, akademisi dan dunia industri, kegiatan ini diikuti oleh para stakeholder, mahasiswa, alumni serta seluruh staf pengajar di Program Magister dan Doktor TIP yang akan dibentuk menjadi Komisi Evaluasi Kurikulum dan Tim Representatif Kurikulum.

Ketua pelaksana kegiatan yang juga merupakan ketua Program Magister TIP, Irnia Nurika STP, MP. Ph.D menuturkan, “Dalam rangka meningkatkan standar kompetensi lulusan, maka salah satu strategi yang dilakukan oleh Program Magister dan Program Doktor TIP adalah penggunaan kurikulum pembelajaran berbasis SN-DIKTI dan KKNI. Kurikulum ini akan digunakan sebagai acuan untuk perbaikan kualitas lulusan, guna meningkatkan nilai akreditasi Program Magister dan Program Doktor TIP. Kurikulum yang unggul dan standar diharapkan akan menghasilkan lulusan yang memaham ilmu dan teknologi di bidang agroindustri dan mampu menggunakannya secara aplikatif di dunia aktual. Kegiatan lokakarya ini bertujuan untuk memfasilitasi rekontruksi kurikulum yang telah berbasis SN-DIKTI dan KKNI sesuai standar nasional maupun pencermatan dan pematangan terhadap kurikulum. Selain itu akan dibahas juga learning outcome (LO) yang akan dijadikan acuan capaian kompetensi mahasiswa,” paparnya.

Beberapa narasumber dalam lokakarya ini adalah Intan Ahmad, Ph.D (Dirjen Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi) yang memaparkan “Kebijakan Pendidikan Tinggi Pascasarjana”,  Dr.Ir. Machfud, MS (Ketua Program Studi Pascasarjana Institut Pertanian Bogor) dengan materi “Kurikulum PS Magister dan PS Doktor TIP di IPB” , Ir. Adi Djoko Guritno, MSIE (Asosiasi Profesi Teknologi Industri Pertanian/APTA) yang menjelaskan “Kurikulum Program Pascasarjana sesuai dengan APTA”  serta Dr.Ir. Mahmudun Ainuri, M.Si (Ketua Program Studi S2, Universitas Gajahmada, Yogyakarta) dengan materi “Kurikulum PS Magister dan PS Doktor TIP di UGM” . Selain itu adapula narumber dari dunia industri seperti  Dr. Ir. Donald Siahaan (Dewan Minyak Sawit Indonesia) yang menjelaskan tentangPenguatan Riset dan Kompetensi Keteknikan pada Bidang Agroindustri,” Sumarlan, STP. MM (PT. Indofood Sukses Makmur. Tbk – Bogasari Division) yang menjelaskan  tentang “Kebutuhan Lulusan oleh Stakeholder” serta Ir. Ida Bagus Rai Budiarsa ( Hatten Wine Bali) dengan materi “Pemaparan Kebutuhan Lulusan oleh Stakeholder”.

Dengan adanya lokakarya rekonstruksi kurikulum yang disampaikan oleh narasumber kompeten berbagai bidang, diharapkan dapat diperoleh berbagai masukan yang berguna sekaligus sebuah rumusan untuk kurikulum dan LO berbasis SN-DIKTI dan KKNI sehingga dapat meningkatan kualitas pembelajaran menuju kompetensi pengembangan agroindustri terpadu. (dse)