Ditulis pada tanggal 11 Januari 2018, oleh Dyah Sushanty, pada kategori Kegiatan, News

Sejumlah mahasiswa Fakultas Pertanian Universitas Sriwijaya Palembang mengunjungi Fakultas Teknologi Pertanian (FTP) Universitas Brawijaya, Rabu (10/01/2018). Didampingi 5 dosen pembimbing, kedelapan puluh lima mahasiswa jurusan Teknik Pertanian dan jurusan Teknologi Hasil Pertanian UNSRI tersebut diterima langsung Dekan FTP-UB, Dr. Ir. Sdarminto Setyo Yuwono, M.App.Sc bersama jajarannya di Aula FTP lantai II mulai pukul 10.00 WIB.

Dalam sambutannya, ketua rombongan UNSRI, Dr. Budi Santoso memaparkan,”Terimakasih atas sambutan hangat FTP UB. Semoga kunjungan ini dapat mempererat silaturahmi antar kedua institusi. Selain itu kami kemari juga karena ingin mempelajari kewirausahaan mahasiswa. Sebab entrepenurship mahasiswa Universitas Brawijaya terkenal maju. Dalam ajaran Islam juga mengatakan bahwa sembilan dari sepuluh pintu rezeki adalah berniaga. Semoga kita dapat menyerap ilmu dari Brawijaya untuk di aplikasikan di Sumatera sepulang nanti,” demikian dipaparkan Dr. Budi yang juga merupakan Ketua Inkubator Bisnis Universitas Sriwijaya.

Sementara Dekan FTP, selain mengucapkan selamat datang dan apresiasinya atas kunjungan ini juga memaparkan profil FTP serta kebijakan yang berlaku di FTP. “Saat ini kami memiliki tiga jurusan yang alhamdulilah selain telah terakreditasi A BAN-PT juga terakreditasi internasional semua yaitu dari AUN-QA untuk PS S1 Keteknikan Pertanian dan PS S1 Teknologi Industri Pertanian serta IFT-USA untuk PS S1 Ilmu dan Teknologi Pangan. Kami juga menerapkan kebijakan berbasis perencanaan, jadi kegiatan tahun ini sudah diajukan melalui perencaan sebelumnya ” demikian dikatakan Dr. Sudarminto.

Pemaparan selanjutnya dipaparkan oleh Wakil Dekan III FTP bidang Kemahasiswaan, Yusuf Hendrawan, STP.M.App.Life.Sc. Ph.D. “FTP-UB berkomitmen untuk menjadikan kemampuan softskill lulusan sebagai kompetensi utama yang dipetakan dalam academic knowledge, communication skill, management skill dan skill of thinking. Terdapat lima belas lembaga kemahasiswaan untuk menyalurkan aspirasi dan bakat minat mahasiswa sebagai sarana penunjang pembelajaran soft skill.  Karena sudah didukung sistem, alhamdulillah FTP dalam tiga tahun berturut turut berhasil mencetak hattrick juara PIMNAS. FTP merupakan peraih medali terbanyak UB  sebagai juara umum PIMNAS tiga tahun berturut turut. Jadi boleh dibilang sejak 2015, 2016, 2017 FTP merupakan juara PIMNAS se-Indonesia,” paparnya disambut applause mahasiswa UNSRI.

Seusai tanya jawab dan tukar menukar cendera mata, seluruh rombongan SFakultas Pertanian Universitas Sriwijaya Palembang juga melakukan field trip melihat berbagai sarana di FTP seperti Food Production Training Centre (FPTC / THP Bakery),  Laboratorium Daya dan Mesin Pertanian, Laboratorium Teknologi Agrokimia, Laboratorium Kimia dan Biokimia serta Laboratorium Mikrobiologi Pangan dan Hasil Pertanian dipandu Presiden Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) FTP, Almirzaki. (dse)