Ditulis pada tanggal 6 Pebruari 2018, oleh Dyah Sushanty, pada kategori Kegiatan, News

Sejumlah mahasiswa Universiti Putra Malaysia (UPM) bertandang ke Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Brawijaya (FTP UB). Kesembilan belas mahasiswa UPM tersebut mengikuti program Inbound Student Mobility Program (ISMP) di FTP UB selama tiga belas hari berturut turut (5-18/02/2018).

Dalam sambutannya Wakil Dekan I bidang Akademik FTP, Agustin Krisna Wardani, STP.MSi.Ph.D. menyampaikan,”Selamat datang untuk adik adik mahasiswa Universiti Putra Malaysia. Kami sangat senang menerima anda sekalian disini. Dan anda beruntung karena anda telah berada di Fakultas Teknologi Pertanian terbesar di Indonesia dan mungkin di dunia. Universitas Brawijaya memiliki sekitar 60.000 mahasiswa aktif sementara UPM Malaysia hanya memiliki kurang lebih 20.000 mahasiswa. Jadi tudent body kami tiga kali lebih besar daripada UPM Malaysia. UB memiliki 170 jurusan yang tergabung dalam 16 fakultas. Di FTP sendiri terdapat sekitar 3000 mahasiswa aktif dan tiga jurusan serta sebelas program studi baik sarjana maupun pasca sarjana. Ketiga jurusan tersebut adalah Keteknikan Pertanian, Teknologi Industri Pertanian dan Teknologi Hasil Pertanian yang kesemuanya telah terakreditasi internasional. Kegiatan Inbound Student Mobility Program bersama UPM ini baru pertama kali dilakukan dan harapannya tahun depan kami dapat mengirim mahasiswa FTP ke Malaysia untuk program serupa. Harapan kita ke depan kerjasama ini akan terus ditingkatkan dalam skema kerjasama akademik yang lebih luas. Seperti collaborative research para dosen, pertukaran dosen, dan berbagai kegiatan keilmuan lainnya guna mendukung FTP UB menjadi salah satu universitas unggul, bukan hanya di Indonesia tapi juga dari berbagai negara di dunia,” paparnya.

Sementara itu Wakil Dekan III FTP bidang Kemahasiswaan, Yusuf Hendrawan, STP. M.App.Life.Sc. Ph.D. menyampaikan,”FTP-UB berkomitmen untuk menjadikan kemampuan soft skill mahasiswa sebagai kompetensi utama yang dipetakan dalam academic knowledge, communication skill, management skill dan skill of thinking. Jadi anda tidak hanya akan memperoleh hard skill tapi juga soft skill untuk kesuksesannya di masa depan. Di UB terdapat sekitar empat puluh dua organisasi mahasiswa sementara FTP memiliki lima belas lembaga kemahasiswaanuntuk menyalurkan aspirasi dan bakat minat sebagai sarana penunjang pembelajaran soft skill termasuk keagamaan, olahraga, seni, penalaran, English debate, jurnalistik¬† maupun kewirausahaan. Kegiatan student exchange ini kami harap dapat makin memperkaya pengalaman akademik mahasiswa karena bakal terbiasa dengan budaya dan lingkungan sosial yang beragam, sehingga terlatih menjadi masyarakat inklusif dan multikulturalistik,” paparnya.

Beragam kegiatan yang akan diikuti kesembilan belas mahasiswa Universitas Putra Malaysia selama berada di Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Brawijaya diantaranya adalah mengikuti perkuliahan dan seminar ilmiah, kunjungan industri ke PT. Indolacto dan Bagus Agriseta Batu, melukis keramik di sentra industri Dinoyo, pelatihan pembuatan pangan lokal malangan, kunjungan ke masyarakat desa binaan FTP UB di Krisik – Blitar, mencoba aneka permainan traidisional Indonesia serta penampilan dan pertukaran seni tari dan budaya. (dse)