Ditulis pada tanggal 13 Oktober 2014, oleh Dyah Sushanty, pada kategori News

gong-himatetaHimpunan Mahasiswa Keteknikan Pertanian (HIMATETA) Fakultas Teknologi Pertanian (FTP) menyelenggarakan Opening Ceremony HIMATETA Special Dedication di Aula FTP lantai 2, Senin (13/10/2014) mulai pukul 08.00 pagi. Tema Himateta Special Dedication (HSD) 2014 adalah “Implementasi Teknologi Tepat Guna Berbasis Robotika, Energi dan Lingkungan sebagai Awal Membangun Desa Mandiri HIMATETA”.

Dipaparkan Akbar Setyo Pambudi, mahasiswa Keteknikan Pertanian (TEP) angkatan 2011 sekaligus ketua Himateta bahwa acara ini merupakan pembukaan dari rangkaian HSD 2014. “Kebetulan di HIMATETA terdapat tim ACRO, CARE, dan AGEENT. Ini merupakan pertama kalinya ketiga tim bersinergi untuk melakukan kegiatan pengabdian masyarakat bersama sama. Pengabdian masyarakat ini kami lakukan di desa Purwodadi, Donomulyo di daerah Malang Selatan. Melalui tim Acro, kami akan membuat otomasi pengendali kelembapan pada rumah jamur. sementara Care akan melakukan pelatihan pembuatan briket dari baglog (media tanam jamu-red) jamur dan Ageent akan membuat instalasi biogas tipe plastik untuk membatu masyarakat di sana.” jelasnya Sementara itu ketua pelaksana, Adiansyah (TEP 2012) menyampaikan harapannya agar HSD 2014 ini dapat membawa nama baik himpunan dan institusi. “Harapannya, kegiatan ini dapat berjalan berkelanjutan seperti yang direncanakan.  Karena mahasiswa yang hebat adalah mahasiswa yang baik dalam pendidikan, baik dalam penelitian dan akan jauh lebih baik dalam mengabdi pada masyarakat.” pungkasnya.

Sementara ketua jurusan TEP, Dr.Ir. J.Bambang Rahadi W. MS., menjelaskan harapannya agar kegiatan HSD 2014 dapat mengimplementasikan teknologi secara tepat guna untuk membantu masyarakat sekitar. Dr. Bambang Rahadi juga berharap agar kegiatan ini dapat berkelanjutan.  Secara senada Dekan FTP, Dr. Ir. Bambang Susilo M.Sc. Agr. dalam sambutannya  juga menyampaikan bahwa kegiatan yang baru pertama kali diadakan ini merupakan sarana yang ideal untuk  mengaplikasikan ilmu yang diperoleh dari bangku kuliah pada masyarakat sekitar.  “Kegiatan ini sangat bagus dilakukan oleh mahasiswa, sehingga dapat menghapus kesan mahasiswa hanya bisa berdemo tapi juga dapat memberi sumbangsih pada masyarakat. Seharusnya jangan bertanya kenapa, tetapi tanyalah apa yang sudah kita lakukan. Terlebih teknologi tepat guna merupakan aplikasi ilmu yang tepat sesuai kondisi sosial ekonomi dan lingkungan serta dimensi ruang dan waktu,” jelasnya. Selain memberikan sambutan,  Dekan FTP bersama Kajur TEP juga membuka rangkaian acara HSD 2014 dengan memukul gong didampingi Ketua Pelaksana dan Ketua HIMATETA.

Opening Ceremony ini juga menampilkan presentasi kegiatan masing masing tim. Diawali pemaparan oleh AGEENT  (Agricultural Engineering Energy Team) yang disampaikan oleh Gilang R (TEP 2012) bersama Imam Zaki (TEP 2012) menjelaskan tentang profil tim serta instalasi biogas yang akan dibuat. Pemaparan selanjutnya dari ACRO (Agriculktural Robotic) oleh Baybun , Ade dan Hilmi (ketiganya merupakan mahasiswa TEP 2012) menjelaskan profil tim serta alat yang akan mereka rancang untuk mengendalikan kelembapan secara otomatis pada rumah jamur di desa tersebut. Pemaparan terakhir dari  CARE (Creative Action for Environment) oleh Nafi dan Angga (TEP 2012) menjelaskan tentang profil tim serta seputar informasi briket berbahan limbah baglog jamur. Penampilan mahasiswa TEP 2012 dalam drama komedi “The Sumringah” yang  mengisahkan aneka parodi masa kini menjadi penutup opening ceremony HSD 2014.

Rangkaian acara HSD sendiri merupakan kegiatan HIMATETA setelah opening yang dimulai dari sosialisasi pada masyarakat yang akan dilaksanakan pada 09 November 2014 mendatang serta dilanjutkan dengan kegiatan pengabdian masyarakat oleh tim ACRO, CARE dan AGEENT pada tanggal 14 – 16 November 2014. Rangkaian HSD akan ditutup dengan bakti sosial dan pesta rakyat pada hari yang sama (16/11/2014). Dihari itu juga sekaligus merupakan pengesahan bahwa desa Purwodadi merupakan binaan dari HIMATETA FTP UB. (dse)