Ditulis pada tanggal 18 Agustus 2011, oleh ftp_elisa, pada kategori News

Untuk meningkatkan kualitas proposal penelitian yang ditullis mahasiswa, Fakultas Teknologi Pertanian (FTP) UB  akan meluncurkan program research grant atau dana hibah penelitian untuk mahasiswa. Demikian dikatakan Pembantu Dekan III FTP UB, Dr.Ir. Elok Zubaidah, MP pada Kamis (18/8).

“Masing-masing proposal yang lolos penilain dari reviewer akan mendapat dana hibah penelitian atau research grant sekitar Rp. 2.000.000,- dari  KOM,” ungkapnya.

Program Research Grant ini, imbuhnya, diluncurkan untuk memotivasi mahasiswa untuk menyusun proposal penelitian untuk mengikuti PKM atau LKTM. Hal tersebut dilakukan sebagai salah satu pola strategi dalam pembinaan mengembangkan  prestasi  mahasiswa FTP baik di tingkat nasional dan internasional.

“Selain itu akan dicanangkan pelatihan atau training penulisan proposal penelitian atau karya ilmiah internal bagi mahasiswa FTP untuk lebih meningkatkan kualitas proposal penelitian”,” ujar dosen Jurusan THP ini.

Diilustrasikannya, pada PIMNAS XXIV di Makasar lalu, karya ilmiah mahasiswa FTP mampu bersaing dengan  2 karya ilmiah mahasiswa Universitas Gajahmada (UGM), 3  karya ilmiah mahasiswa Institut Pertanian Bogor (IPB) dan juga Universitas Indonesia.

“Artinya bobot karya ilmiah mahaiswa FTP tidak kalah dengan mahasiswa Universitas terkemuka lainnya. Sehingga menurut saya perlu ada upaya sustainable dan peningkatan lagi untuk memacu prestasi,” ujar dosen Jurusan THP ini.

Untuk mempertahankan atmosfir yang kondusif bagi perolehan prestasi mahasiswa, terangnya lagi,  FTP memfasilitasi pendanaan dan pembinaan. Dari segi pendanaan, akan  membantu mahasiswa dalam kompetisi di bidang apapun. Selain itu, ada reward bagi mahasiswa berprestasi di tingkat nasional dan internasional baik berupa dana maupun bebas skripsi.

“Kita melihat potensi mahasiswa FTP yang cukup besar terlebih di tahun 2011 ini banyak meraih prestasi membanggakan ,  dimana mahasiswa FTP selalu berhasil  menyabet juara dalam even kompetisi ilmiah baik ditingkat nasional maupun internasional ,”paparnya.

Dijelaskannya lebih lanjut, sampai pertengahan tahun 2011 tercatat sebanyak 5 prestasi pada karya ilmiah telah diraih mahasiswa FTP antara lain Best Business Process pada ITB Entrepreneurship Challenge 2011, Juara I International IFTSA – DSDC 2011 di New Orleans Lousiana Amerika Serikat, Juara II Kompetisi Karya Tulis Tingkat Mahasiswa Nasional, meraih Medali Perak pada PIMNAS XXIV di Universitas Hasanudin Makasar, penemuan alat pasteurisasi susu kejut listrik tegangan mahasiswa  TEP berhasil sebagai 103 Inovasi Terbaik Indonesia 2011 terbitan  Business Innovation Centre Indonesia dengan dukungan Kementerian Riset dan Teknologi dan Inotek. (elr)