Ditulis pada tanggal 9 April 2018, oleh Dyah Sushanty, pada kategori News

Wakil Dekan bidang Akademik mewakili Dekan  Fakultas Teknologi Pertanian (FTP) Universitas Brawijaya (UB), Agustin Krisna Wardani, STP. MSi. Ph.D. mengunjungi ke Rajamangala University of Technology Lanna (RMUTL), Thailand, Rabu- Sabtu (04-07/04/2018).

Didampingi Ketua Program Studi (PS) S1 Ilmu dan Teknologi Pangan (ITP) FTP, Erni Sofia Murtini, STP. MP. Ph.D. kunjungan ini dilakukan dalam rangka preparation workshop program for Brawijaya University – Rajamangala University of Technology Lanna International Class (BRIC) 2018 yang membahas kurikulum, jumlah dan konten subyek mata kuliah, serta kompetensi dosen pengajar dan mahasiswa sebagai persiapan inbound dan outbound student mobility program. Kegiatan ini juga merupakan tindak lanjut kesepakatan bersama FTP UB – RUMTL Thailand yang telah ditanda tangani 03 Agustus 2017 lalu. Dalam MoA yang ditanda tangani Dekan FTP UB dan Wakil Dekan I Fakultas Ilmu dan Teknologi Pertanian RUMTL – Thailand  tersebut, kedua pihak sepakat untuk bekerjasama di bidang pertukaran pelajar maupun staf pengajar,  pengadaan penelitian, seminar dan lokakarya, kursus singkat serta pertukaran informasi akademis, publikasi dan dokumentasi lainnya antara FTP UB – RUMTL Thailand.

Wakil Dekan I FTP, Agustin Krisna Wardani, STP. MSi. Ph.D. memaparkan,”Alhamdulillah eksistensi FTP UB semakin diakui di dunia internasional dengan adanya inbound dan outbound student mobility program  bersama RUMTL Thailand. Selain sebagai bentuk implementasi MoA FTP – RUMTL,  inbound dan outbound student mobility program ini juga merupakan bagian program BRIC (Brawijaya- Rajamangala International Class).  Untuk saat ini memang baru PS S1 ITP yang terlibat. Tetapi kedepan, program studi yang lain juga dapat mengikuti program ini sesuai spesifikasi RUMTL Thailand,” paparnya.

Lebih lanjut  Agustin, Ph.D juga menjelaskan implementasi program tersebut dimana beberapa mahasiswa RUMTL akan mulai belajar di FTP UB selama dua bulan mulai Juli 2018 mendatang untuk kemudian melanjutkan kreditnya di kampus asalnya setelah UTS . Sementara itu mahasiswa FTP UB akan  berangkat ke Thailand mulai September 2018 untuk mengambil kredit selama dua bulan yang dilengkapi dengan internship program selama satu bulan.

Dekan FTP, Dr. Ir. Sudarminto Setyo Yuwono, M.App.Sc., menanggapi,”Kami memang telah berkomitmen untuk all out mendukung penuh internasionalisasi FTP, terlebih saat ini terdapat tiga program studi FTP yang telah mendapat sertifikasi internasional dari IFT dan AUN QA. Semoga dengan adanya BRIC Program ini dapat makin meningkatkan reputasi FTP di tingkat dunia.” ungkapnya. (dse)