Ditulis pada tanggal 7 Maret 2018, oleh Dyah Sushanty, pada kategori News


Sejumlah empat puluh delapan pelajar Sekolah Menengah Atas (SMA) Bina Insan Mandiri Nganjuk  mengunjungi Fakultas Teknologi Pertanian (FTP) Universitas Brawijaya, Selasa (06/03/2018). Didampingi 6 guru pembimbing, keempat puluh delapan pelajar kelas XII SMA Bina Insan Mandiri Nganjuk  tersebut diterima Kepala Tata Usaha FTP, Drs. Fatchurrahman, MAB. di Aula FTP lantai II mulai pukul 11.00 WIB.

Dalam sambutannya, ketua rombongan SMA Bina Insan Mandiri Nganjuk, Wijaya Kurnia Santoso, S.Pd., menyampaikan, “Terimakasih atas sambutan hangat FTP UB. Kami sengaja datang bersama para siswa kelas XII untuk belajar banyak hal dari Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Brawijaya yang telah terkenal dan terakui sebagai salah satu kampus terbaik di Indonesia. Sebab berdasar hasil angket yang telah kami sebarkan sebelumnya, mayoritas para pelajar kami ingin melanjutkan pendidikannya ke Universitas Brawijaya.  Harapannya sepulang dari Malang ini para peserta didik kami dapat menambah wawasannya terutama tentang seluk beluk UB, jalur masuk serta peluang beasiswa, ” papar  Wijaya Kurnia Santoso, S.Pd yang juga merupakan Kepala SMA Bina Insan Mandiri Nganjuk.

Sementara itu Drs. Fatchurrahman, MAB menjelaskan,”Saat ini FTP UB memiliki tiga jurusan yang telah terakreditasi nasional dari BAN-PT dengan nilai A maupun internasional. Akreditasi internasional tersebut adalah AUN-QA ditingkat ASEAN untuk PS S1 Keteknikan Pertanian dan PS S1 Teknologi Industri Pertanian serta IFT yang berpusat di Amerika Serikat untuk PS S1 Ilmu dan Teknologi Pangan. Terdapat berbagai lembaga kemahasiswaan untuk menyalurkan aspirasi dan bakat minat mahasiswa sebagai sarana penunjang pembelajaran soft skill mahasiswa.  Selain itu di bidang kewirausahaan, FTP juga memiliki ABC atau Agritech Business Center sebagai wadah untuk menempa dan mengoptimalkan entrepeneurship mahasiswa. Jangan khawatir tentang biaya karena UKT di FTP UB termasuk ringan dimulai dari lima ratus ribu rupiah persemester. Selain itu tersedia juga puluhan beasiswa baik berdasar prestasi maupun kondisi ekonomi yang tersedia bagi mahasiswa, ” jelasnya.

Seusai tanya jawab dan tukar menukar cendera mata, seluruh rombongan SMA Bina Insan Mandiri Nganjuk diajak melakukan field trip melihat berbagai sarana di FTP seperti Agritech Business Center (ABC), Food Production Training Centre (FPTC / THP Bakery),  Laboratorium Daya dan Mesin Pertanian  serta Laboratorium Mikrobiologi Pangan dan Hasil Pertanian. (dse)