ABC Melatih Keterampilan Wirausaha Mahasiswa FTP

Pemberitahuan Pemadaman PLN 21 September 2012
September 20, 2012
SEMINAR PERTETA 2012 MALANG
Oktober 8, 2012

ABC Melatih Keterampilan Wirausaha Mahasiswa FTP

Agritechno Bussines Centre (ABC) merupakan Lembaga Kedaulatan Mahasiswa (LKM)  baru di Fakultas Teknologi Pertanian (FTP) yang menampung aspirasi wirausahawan muda di FTP untuk mengembangkan jiwa kewirausahaannya. Pada hari Sabtu tanggal 29 September  2012, ABC menggelar workshop Kewirausahaan dengan sukses. Acara tersebut menghadirkan Aries Musnandar, pakar bisnis dan fasilitator SME di beberapa perusahaan maupun Perguruan Tinggi. Kegiatan ilmiah tersebut bertema ”Cara Ampuh Menulis Business Plan Untuk Mendapatkan Medali  Emas PKM-K Pimnas 2013”. Menurut Rosyid, mahasiswa FTP sekaligus Ketua  ABC, Workshop Kewirausahaan ini diikuti sebanyak 120 peserta dan merupakan  bekal  awal bagi mahasiswa  FTP  untuk menyusun  usulan  Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) dan mengajukan dana ke DIKTI.

Pelatihan yang diselenggarakan di gedung Pascasarjana Fakultas Teknologi Pertanian dibuka oleh Pembantu Dekan III bidang Kemahasiswaan FTP, Dr. Ir. Elok Zubaidah, MP. Dalam menyampaikan sambutan pengarahannya, lebih lanjut Bu Elok sapaan PD III FTP ini menekankan bahwa “mahasiswa FTP, pastikan dan selalu pastikan untuk bisa meraih prestasi tertinggi di ajang kompetisi baik tingkat nasional maupun internasional”. Hal ini tentunya berdasarkan usulan PKM tahun 2011 yang didanai oleh DIKTI sejumlah 72 judul dan menjadikan FTP menduduki posisi pertama se-Universitas Brawijaya dalam jumlah perolehan proposal yang didanai oleh DIKTI, tambahnya.

Pada  awal penyampaian materi workshop, Pak Aries begitu sapaan Education Trainer and Management Consultant dan juga dosen tamu di berbagai Perguruan Tinggi ini memuji mahasiswa FTP yang memiliki semangat luar biasa untuk menjadi wirausahawan-wirausahawan muda Universitas Brawijaya. Beliau menyatakan, “saya melihat calon-calon entrepreneurship yang tangguh ada di FTP”. Kontan saja  pernyataan tersebut disambut dengan gemuruh tepuk tangan peserta workshop. Supaya proposal PKM-K anda didanai oleh DIKTI, ada beberapa  syarat yang harus dipenuhi, disamping cara penulisan sesuai format  pedoman pengusulan, judul juga harus kreatif, inovatif dan berorientasi profit, walaupun tidak harus menciptakan produk yang benar-benar baru, tambahnya. Diakhir kegiatan workshop kewirausahaan ini, peserta diminta membuat  Business Plan dalam bentuk diskusi kelompok, sehingga dapat membekali mahasiswa dalam menyusun proposal PKM-K yang handal, mempunyai nilai tambah dan berorientasi profit. (spy)

ABC Workshop

ABC Workshop

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

id_IDIndonesian