Anticancervix : Eksplorasi Ekstrak Tanaman Herbal Sebagai Potensi Anti Kanker Serviks Oleh Mahasiswa FTP UB

FTP UB Jalin Kerjasama dengan UPT BU Unisba Blitar
Juli 12, 2019
Bisnis Mahasiswa THP Berhasil Raih Pendanaan dari Badan Inkubator Wirausaha Brawijaya
Juli 14, 2019

Anticancervix : Eksplorasi Ekstrak Tanaman Herbal Sebagai Potensi Anti Kanker Serviks Oleh Mahasiswa FTP UB

Ekplorasi tanaman herbal dari manuskrip kuno Suku Sasak, Pulau Lombok membawa ketiga mahasiswa Universitas Brawijaya dari Fakultas Teknologi Pertanian berhasil menemukan potensi obat herbal anti kanker serviks.

Tim yang terdiri dari Hairil Fiqri (FTP 2015), Adzani Gaisani Arda (FTP 2016), dan Khodijah Adrebi (FTP 2017) dibawah bimbingan Bapak Rahma Micho Widyanto S.Si., M.P menemukan adanya kandungan antioksidan dan reaksi penghambatan pertumbuhan sel kanker serviks berdasarkan 8 uji yang mereka lakukan.

Kanker serviks merupakan jenis kanker yang menyerang leher rahim wanita, kanker ini adalah jenis kanker kedua yang paling besar di kalangan wanita Indonesia. Dalam studi nya, kanker ini menembus angka kematian hingga 48,8% dari seluruh penderita di Indonesia.

“Lombok adalah pulau kelahiran saya yang mana pada salah satu suku bernama Suku Sasak, saya memperhatikan ketika melakukan pengobatan maupun menangani segala jenis penyakit selalu berujuk pada sebuah peninggalan kuno secara turun temurun yaitu naskah lontar usada. Ini merupakan peninggalan sejarah yang diterjemahkan dan digunakan sebagai rujukan pengobatan tradisional. Oleh karena itu, kami melakukan ekplorasi secara ilmiah pada salah satu tanaman yang disebutkan yaitu tanaman Jamblang” jelas Hairil Fiqri sebagai ketua tim.
Berangkat dari situ, tim ANTICANCERVIX menggunakan ekstraks daun jamblang kemudian melakukan 8 pengujian dan mereka menemukan adanya kandungan antioksidan sebagai senyawa radikal bebas dari kandungan flavonoid dan fenolik dalam ekstrak daun Jamblang.

Mereka menambahkan bahwa uji terakhir yang merupakan uji in vitro dengan sel HeLa sebagai representatif dari sel kanker serviks menunjukkan adanya reaksi penghambatan dalam pertumbuhan sel HeLa tersebut.

Analisis data yang dilakukan akhirnya menunjukkan hasil positif bahwa ekstrak daun Jamblang dapat menghambat radikal bebas maupun pertumbuhan sel HeLa. Hal ini dapat disimpulkan “Ekstrak Daun Jamblang Berpotensi Digunakan sebagai Obat Herbal Anti Radikal Bebas dan Anti Kanker Serviks”.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

id_IDIndonesian