Apfel Biscotti, Biskuit Sehat Immune System Booster Karya Mahasiswa THP

Opening Ceremony Dies Natalis XVI FTP UB
April 29, 2014
Rangkaian Kegiatan Dies FTP Ke-16 Tahun 2014
April 30, 2014

Apfel Biscotti, Biskuit Sehat Immune System Booster Karya Mahasiswa THP

biskuitDengan semangat untuk mempopulerkan gaya hidup sehat  membuat Feni Putri P, Austriena P, Titin Setyowati, Laila Rifka dan Nova Rizki F, mahasiswa jurusan Teknologi Hasil Pertanian Fakultas Teknologi Pertanian (THP FTP) dibawah bimbingan Jaya Mahar Maligan, STP, MP dan Feronika Happy S, STP. MP pada MK Praktikum Kewirausahaan Pangan memproduksi biscuit Apel bernama Apfel Biscotti.

Jika umumnya biskuit berbahan utama tepung terigu, maka Apfel Biscotti dibuat dengan menggunakan buah apel serta tepung jagung dan tepung larut sebagai pengganti tepung terigu.  Apel sengaja dipilih karena produksinya yang berlimpah di Batu dan Malang sehingga dengan pembuatan produk ini diharapkan mampu meminimalisir adanya kerusakan sehingga dapat memperpanjang umur simpan. Selain itu sejak lama diketahui bahwa apel mempunyai manfaat yang baik bagi kesehatan karena banyak mengandung zat gizi yang bermanfaat bagi tubuh seperti karbohidrat, serat pangan, protein, vitamin dan mineral. Buah apel juga mengandung senyawa antioksidan yang bernama Quercetin. Quercetin merupakan salah satu jenis antioksidan yang termasuk dalam golongan flavonoid, yang dapat meningkatkan atau menstimulus fungsi makrofag dalam sistem imun tubuh hingga tidak mudah sakit meski kondisi cuaca tidak bersahabat.

Produk biskuit bernama Apfel Biscotti dengan arti biskuit apel yang berasal dari bahasa Itali  ini memiliki cita rasa yang manis, renyah,dengan tetap mempertahankan rasa dan aroma khas buah apel. Setiap 8 buah Apfel Biscotti ini mengandung 10,21 mg Quercetin, sehingga dapat dijadikan sebagai pangan fungsional yang berpotensi sebagai imunomudulator atau peningkat system imun tubuh.

Dengan harga yang cukup terjangkau untuk semua kalangan yakni Rp 5 ribu/ 130gr kemasan menjadikan biskuit ini layak digunakan sebagai camilan sehat sehari-hari. (dse)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

id_IDIndonesian