Array, Teknologi Terkini pada Kemasan Pepaya

Mahasiswa THP Teliti Enzim pada Oncom dan Tempe sebagai Terapi Penyakit Trombosis
Juni 7, 2015
Inovasi Enzim Mananase Industri Kertas
Juni 9, 2015

Array, Teknologi Terkini pada Kemasan Pepaya

Camera 360Salah satu tantangan yang harus dihadapi dalam memasarkan buah pepaya hasil pertanian lokal Indonesia ialah tingkat pematangan buah pepaya yang relatif tinggi sehingga peluang terjadinya pembusukan dan injure pada saat pemasokan dan pendistribusian buah pepaya menjadi lebih besar. Transportasi merupakan tantangan bagi Indonesia yang merupakan negara kepulauan yang dihubungkan oleh jalur transportasi laut. Sehingga jika produktifitas buah pepaya lokal yang tidak diimbangi dengan sistem penaganan pasca panen yang baik akan dapat menurunkan kualitas daya saing buah pepaya terutama terhadap persaingan buah-buahan impor.

Hal inilah yang melatari kelima mahasiswa Fakultas Teknologi Pertanian melakukan penelitian terhadap pengemasan pepaya. Kelimanya adalah Ariani Eka Pratiwi (THP 2011), Fatmawati Uswatun Hasanah (TEP 2011), Sri Lestari (THP 2012),  Evtriyandani (TEP 2013) dan  Citra FidaAsteria (TEP 2013) dibawah bimbingan Nur Ida Panca N., STP. MP., yang melakukan kegiatan berjudul “ARRAY” Active Papaya Fruit Tray berbasis Arbsorben Etilen untuk Meningkatkan Daya Saing Buah Pepaya Lokal dalam Menghadapi AEC 2015 melalui Program Kreativitas Mahasiswa bidang Penelitian (PKM-P).

WP_20150417_006Penelitian berfokus pada packaging buah yang memiliki kemampuan sebagai arbsorben etilen. Dilakukan pembuatan kertas yang mengandung karbon aktif dengan kombinasi sachet KMnO4 sebagai adsorben etilen pada buah. Sebab diketahui bahwa KMnO4dan karbon aktif merupakan salah satu bahan yang efektif dapat memperpanjang daya simpan buah pasca panen dengan mengarbsobsi etilen yang dilepaskan. Dengan demikian tingkat kematangan buah pepaya dapat dihambat akibat akumulasi gas etilen. Etilen sendiri merupakan gas hasil respirasi buah. Tingkat etilen tinggi dapat mempercepat kematangan yang berujung pada pembusukan buah. Penelitian ARRAY bertujuan untuk mengembangkan pengemasan buah pasca panen yang praktis dan aplikatif yang dapat memudahkan petani dalam meningkatkan daya saing dan nilai ekonomis buah terutama pepaya dari petani lokal Indonesia. (dse)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

id_IDIndonesian