ARSC Belajar Pengolahan Limbah di STPP Malang

Jadwal UTS Ganjil 2016/2017
Oktober 24, 2016
PS S2 Teknologi Industri Pertanian Raih Akreditasi A
Oktober 26, 2016

ARSC Belajar Pengolahan Limbah di STPP Malang

WhatsApp Image 2016-10-17 at 15.56.05Seluruh anggota Agritech Research and Study Club Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Brawijaya mengunjungi Sekolah Tinggi Penyuluhan Pertanian Malang, Minggu (16/10/2016).  Dipaparkan Singgih Mahardika, ketua bidang Riset dan Teknologi ARSC bahwa kegiatan bertajuk ARSC Creative Action (ACTION) ini bertujuan mempelajari secara langsung proses pengolahan limbah.

“ACTION ini merupakan program rutin bidang ristek ARSC. Tahun ini kami lebih memprioritaskan praktek langsung untuk mengaplikasikan keteknologian pertanian yang kami dapat di bangku kuliah secara nyata. Di STPP ini kami mempelajari tentang pembuatan MOL (Mikroorganisme Organik Lokal) dari limbah buah buahan, biourine berbahan urine ternak serta limbah biogas dan limbah lainnya. Kami juga mempelajari pupuk cair organik dan biopestisida,” paparnya.

Dibimbing langsung Ir. Dwi Purnomo,MM. dari STPP Malang, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kepedulian permasalahan lingkungan. Tanpa disadari sebenarnya banyak limbah organik dan sampah rumah tangga yang dapat diolah untuk dimanfaatkan kembali. Agenda lain dalam kegiatan ini adalah mewujudkan pertanian organik yang berkelanjutan dengan metode “Integrated Farming System”.  Konsep dasar sistem ini adalah mengelola seluruh limbah pertanian dan peternakan untuk digunakan kembali dalam sektor pertanian dan peternakan juga.  Dengan demikian, maka tidak terdapat limbah yang taktermanfaatkan. (dse)

WhatsApp Image 2016-10-17 at 15.55.14WhatsApp Image 2016-10-17 at 15.56.08

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

id_IDIndonesian