Audit Internal Mutu Siklus 9 FTP

Dosen TEP Tubel di Jepang
September 24, 2011
FORUM ILMIAH NASIONAL PROGRAM PASCASARJANA
September 29, 2011

Audit Internal Mutu Siklus 9 FTP

FTP-Audit internal mutu (AIM) Unit Kerja Pelaksana Akademik (UKPA) Siklus 9 untuk Fakultas Teknologi Pertanian (FTP) berlangsung pada Senin (26/9), di ruang sidang Utama Gedung FTP lantai 2 mulai pukul 8.30 hingga 16.00 WIB. Terlihat jajaran Dekanat dan para Ketua Jurusan di lingkungan FTP.

Pelaksanaan AIM yang rutin dilakukan sebagai upaya membangun budaya mutu di tiap lini unit pelaksana UB ini dilakukan secara integral antara Gugus Jaminan Mutu  dan  Unit Jaminan Mutu yang ada di lingkungan FTP. Bertindak sebagai tim auditor untuk FTP yakni, Dr. Loeki Enggar Putri sebagai ketua tim audit dan anggota tim audit antara lain, Rini Dwi Astuti (FP) , Sudarto (FP), Damanhuri (FP), Johan AE Noor (MIPA), Mas’ud Effendi, STP. MP.  Nur Ida Panca, STP, MSi. Sedangkkan yang bertindak sebagai Auditee adalah Managemen Representatif (MR) FTP yakni Pembantu Dekan I, Dr. Ir. Bambang Dwi Argo, DEA dan MR UJM TIP, Panji Deoranto, STP. MP. PhD, MR UJM Jurusan THP, Dr. Teti Estiasih, STP.MP dan MR UJM Jurusan TEP, Ir. Musthofa Luthfi, MP.

Adapun ruang lingkup Audit Mutu Siklus 9 berbasis implementasi ISO: 9001:2008 tersebut antara lain, Permintaan tindakan korektif AIM siklus 8, perbaikan manual mutu dan dokumen mutu, borang kinerja standar mutu ke 6 dan implementasi sistem penjaminan mutu UKPA. Tim auditor menanyakan secara mendetail setiap alur bisnis proses beserta dokumentasi bukti fisiknya. Proses audit tak hanya dilakukan on desk evaluation tapi juga visitasi ke Jurusan untukmelihat secara langsung proses bisnis jasa layanan pendidikan berlangsung.

Pada akhir audit, ketua tim audit, dr. Loeki memaparkan hasil audit pada UJM dan GJM FTP antara lain, sebanyak 17 temuan ketidaksesuaian terjadi pada Jurusan TIP, 19 temuan pada jurusan THP dan 13 temuan pada jurusan TEP. Sedangkan pada FTP  ditemukan sembilan ketidaksesuaian yang merupakan PR bagi GJM untuk membenahi sebelum tanggal 11 Oktober mendatang. (elr)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

id_IDIndonesian