Bazaar Viral Food with Sensational Taste THP

Himalogista FTP Gelar Sarasehan “Sachetan” bersama Segenap Jajaran Dosen dan Mahasiswa
April 26, 2019
DOSEN FTP IKUTI 4th INTERNATIONAL HALAL CONFERENCE 2019 DI OSAKA JEPANG
April 27, 2019

Bazaar Viral Food with Sensational Taste THP

Mahasiswa Jurusan Teknologi Hasil Pertanian (THP) angkatan 2016 Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Brawijaya (FTP UB) menggelar bazar pangan bertajuk “Viral Food with Sensational Taste” di lapangan FTP, Kamis (25/04/2019) mulai pukul 08.00 pagi.

Kegiatan ini merupakan tugas besar dalam MK Praktikum Bisnis Pangan, mata kuliah wajib untuk seluruh mahasiswa semester 6 program studi Ilmu dan Teknologi Pangan THP berbobot 2 SKS.  Menurut  dosen pengampu Praktikum Bisnis Pangan, Vivien Fathurroya, STP. MT., kegiatan ini bertujuan supaya mahasiswa lebih memahami perspektif entrepreneurship, business plan, serta bagaimana mengkreasi pangan yang sedang viral dengan cita rasa yang sensasional.

“Melalui kegiatan ini kami berharap supaya mahasiswa dapat lebih mengetahui bagaimana mengkombinasi makanan yang sedang viral dengan bahan lain supaya cita rasanya tidak sekedar enak tetapi juga sekaligus sensasional, terlebih jika mereka menggunakan bahan lokal sehingga pangan viral tersebut dapat lebih meiliki ciri khas.  Tidak hanya itu tetapi makanan mereka juga harus layak jual dan harus mendapatkan keuntungan. Jadi mereka belajar banyak hal mulai dari mencari ide, pengetahuan bahan, teknik pengolahan yang harus sehat dan higienis, packaging yang menarik, strategi marketing, target pasar sampai pada perhitungan BEP (break event point, red), karena hasil penjualan mereka harus mendapatkan laba walupun sedikit,” demikian Vivien menjelaskan.

Aneka olahan pangan yang tersaji dalam 21 stand pada festifal makanan ini terbagi dalam beberapa tema seperti international theme seperti misalnya  silky puding. Berbeda dengan produk sejenis di pasaran, silky puding karya THP FTP ini mengkreasikannya dengan aneka susu dan rasa seperti strawberry, es campur hingga es degan. Alhasil silky puding mereka terasa lebih segar dan sensasional. Selain itu ada pula local theme tahu yang diolah menjadi nugget tahu mozarella atau Nurlela. Nurlela mengkombinasikan tahu yang merupakan pangan lokal dengan keju mozarella dan aneka isian seperti cornett, chili hingga berbagai sayuran sehingga lebih sehat dan kaya varian.  Selain itu ada pula modern theme  seperti lava cake. Jika umumnya lava cake terbuat dari coklat dan terigu. Kali ini mereka mengkreasikannya dengan pisang dan gula merah. Lava cake mereka juga bebas gluten sehingga aman dikonsumsi bagi penderita autis.

Seluruh olahan pangan yang disajikan selain dijual untuk umum dengan kisaran harga Rp.5000,- sampai Rp.10.000,- ini juga dinilai dengan kriteria penilaian meliputi kesesuaian tema, kesesuaian harga, organoleptic produk, kemasan, stand serta kreativitas total.

Pada acara yang dihelat bekerjasama dengan  HIMALOGISTA (Himpunan Mahasiswa Jurusan Teknologi Hasil Pertanian) FTP UB tersebut juga dimeriahkan oleh penampilan acoustic band, photo contest  serta fun games berupa trivia quiz dan twit pic memperebutkan hadiah seru dari panitia. (dse)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

id_IDIndonesian