Berabe, Sumbangsih Mahasiswi FTP bagi Kemandirian Siswa SLB

PoPper, Lemper Vegetarian Ala Mahasiswa FTP
Mei 6, 2013
HIMATITAN Bakal Gelar HI-GREAT 2013
Mei 8, 2013

Berabe, Sumbangsih Mahasiswi FTP bagi Kemandirian Siswa SLB

Cacat atau tidak bukanlah ukuran kemampuan seseorang, “Kami percaya bahwa anak cacat mempunyai hak dan kewajiban yang sama seperti halnya anak-anak normal lainnya,” ungkap Nuriska Yulianingsih, mahasiswa Fakultas Teknologi Pertanian UB Jurusan THP ini.
Hal inilah yang mendorong semangatnya bersama kedua temannya, Nurrizaq Karunia dan Rafika Arofatul Lama’ah, memberikan pembelajaran di bidang keterampilan kepada anak-anak Siswa Luar Biasa Yayasan Pembinaan Anak Cacat Asih Multi Care (SLB YPAC AMC) Kota Malang. Program ini diharapkan dapat meningkatkan kemampuan siswa SLB dalam kemandirian dan jiwa wirausaha,
Berawal dari lolosnya PKM-M Dikti 2013, ketiga mahasiswi tersebut mulai bekerja meningkatkan kemampuan psikomotorik siswa SLB sehingga diharapkan dapat membantunya lebih mandiri dan memiliki daya juang di kehidupannya mendatang. Melalui pelatihan seni ketrampilan aplikasi batik yang mereka sebut dengan BERABE (Berbatik Barang Bekas) sekaligus mengangkat batik sebagai kesenian asli Indonesia.
Apalagi jika melihat potensi Malang sebagai Kota Pelajar dimana dari tahun ke tahun mengalami kenaikan jumlah mahasiwa, sehingga membuat mereka berfikir akan banyaknya barang bekas (sampah) seperti kertas, kardus, kaleng, botol yang dapat dipergunakan sebagai bahan baku . Barang re use tersebut mereka kombinasikan dengan kain batik sisa jahit untuk dijadikan sebagai cindera mata handmade.
Antusiasme dan semangat tinggi para siswa SLB, membuat ketiga mahasiwi ini merasa senang dalam memberikan pelatihan ini. Selain meningkatkan kemampuan psikomotorik siswa, program ini juga memberikan pelatihan berikut pendampingan penentuan harga jual dan promosi. [nuriska/elr]
ypac

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

id_IDIndonesian