Berbagi Ceria Ramadhan 1440 H, FTP UB Santuni Santri Al-Kahfi Malang.

Desa Sonowangi Ampelgading Menjadi Tempat Pengabdian Masyarakat HIMATITAN FTP UB
Mei 16, 2019
Jaga Tali Silaturahmi: THP Menyelenggarakan Buka Bersama
Mei 18, 2019

Berbagi Ceria Ramadhan 1440 H, FTP UB Santuni Santri Al-Kahfi Malang.

Keluarga besar Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Brawijaya (FTP UB) berbuka bersama puluhan santri Panti Asuhan Al Kahfi Malang, Selasa (14/05/2019) di Aula FTP lantai II. Selain memberikan santunan dan berbuka bersama, terdapat pula siraman rohani bersama Dr. Sudirman, S.Ag. M.Ag. tentang amalan untuk meningkatkan derajad manusia dimata Allah SWT.

Dalam tausyiahnya Dr. Sudirman menjelaskan bahwa terdapat tiga amalan baik yang dapat dilakukan kaum muslim. “Alhamdulillah kita semua sekarang berada di bulan Ramadhan. Bulan yang penuh berkah ini sebaiknya jangan disia siakan. Ayo berburu kebaikan agar derajad kita meningkat. Pertama, yang mudah dilakukan adalah ucapkan salam. Assalamualaikum atau yang versi lengkap Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh. Salam merupakan salah satu akar kata Islam, yang artinya damai dan menebarkan kedamaian serta keselamatan. Selain itu salam juga termasuk nama indah Allah SWT. Yang kedua adalah sedekah, selain dapat menghindarkan diri dari mara bahaya, sedekah juga merupakan penggugur dosa. Terlebih dibulan Ramadhan, dimana satu kebaikan akan berbalas seribu kali lipatnya. Upaya ketiga untuk meningkatkan derajad kita adalah dengan sholat malam. Pada bulan ini, ada satu shalat istimewa yang hanya ada di bulan Ramadhan yakni shalat tarawih.  An Nasa’i dari Abu Hurairah RA meriyawatkan Rasulullah SAW bersabda “Barang siapa mendirikan (shalat) pada bulan Ramadhan karena iman dan ihtisab diampuni baginya dosa-dosa yang telah lalu,”. Dalam hadist riwayat Bukhari dan Muslim juga diriwayatkan Nabi Muhammad SAW bersabda “Sesungguhnya Allah telah menfardhu-kan puasa Ramadhan dan aku telah men-sunnah-kan bagimu shalat di malam harinya. Maka barang siapa berpuasa di bulan Ramadhan dan shalat sunnah di malam harinya kareka iman dan ihtisab keluarlah ia dari dosa-dosanya sebagaimana pada hari dia dilahirkan oleh ibunya,” demikian Dr. Sudirman didepan seluruh keluarga besar FTP dan 75 santri Panti Asuhan Al Kahfi Malang.

Sementara itu Dekan FTP, Dr. Ir. Imam Santoso, MP., dalam sambutannya menjelaskan bahwa tujuan kegiatan ini adalah untuk berbagi kebahagiaan bagi sesama sekaligus mengeratkan kekeluargaan diantara seluruh keluarga besar FTP.  “Terimakasih untuk bapak ibu yang berkenan hadir dan adik adik panti Al Kahfi. Semoga kita bisa sama sama berbagi kebahagiaan. Dengan kegiatan ini juga saya harap ukhuwah diantara kita semua dapat lebih terjalin lebih erat. Akhirul kalam, mari kita doakan semoga berkah Ramadhan senantiasa melingkupi kita semua. Aamiinn,” pungkasnya. (dse)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

id_IDIndonesian