Bicaralah Lewat Foto

Zakat Goes To Campus Kerjasama Baznas-FTP
Juni 27, 2013
Jam Kerja selama Bulan Ramadhan 2013
Juli 10, 2013

Bicaralah Lewat Foto

_MG_0949

Perkembangan teknologi yang semakin canggih membuat foto dan kamera menjadi lifestyle, kini setiap orang bisa menjadi fotografer. Namun tak setiap orang punya konsep dalam fotonya. Haruskah semua foto jadi foto berkonsep? Jawabannya adalah ya. konsep dalam sebuah foto adalah suatu keharusan bahkan foto liputan sekalipun.Demikian dituturkan seniman fotografer Sonia Prabowo saat memperkenalkan berikan materi kepada peserta Workshop Fotografi di Aula Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Brawijaya, Rabu (26/6).

“Dengan konsep, foto akan dapat lebih banyak berbicara mengungkapkan idea ataupun pemikiran. Konsep pada sebuah foto adalah ide dasar yang dapat dikembangkan menjadi sebuah karya. Kalau film menceritakan cerita dengan narasi dan gerak berdurasi 2 jam. Sedangkan foto harus dapat menuangkan semuanya dalam satu foto. karena kita harus mempunyai konsep dalam memfoto ” jelas Sonia memperkenalkan tentang konseptual foto.

Sonia menjelaskan, untuk berbagai jenis foto, konsep dasar harus ditentukan agar bisa dipertimbangkan mau membuat foto seperti apa. Untuk foto ego atau foto berencana, konsep menentukan berbagai hal teknis pada saat eksekusi atau sesi pemotretan. Misalnya pose model, susunan lighting, view of angle, kompsisi dan sebagainya.

“Misalnya sesi pemotretan foto iklan atau advertising, biasanya sudah ditentukan konsep fotonya seperti apa yang mau dibuat. Creative director membuat storyboard untuk menjelaskan hasil foto nantinya harus jadi seperti apa. itu adalah konsep dasarnya

Bahkan foto liputan pun semestinya tak luput memikirkan konsepnya. Misalnya fotonya harus terang dan menceritakan kejadian yang diliput atau fotonya gelap berambience. Nah,dari konsep foto liputan tersebut dapat ditentukan style yang akan diterapkan, menggunakan speed lambat atau cepat dan sebagainya.

“Dalam membuat konsep, Coba untuk membebaskan pikiranmu dari pakem! coba berpikir secara bebas! eksplor kreatifitasmu. Buat konsep yg tidak biasa agar foto kamu menempel di benak org lain selamanya, bukan sekedar foto bagus yg akan terlupakan!,” ujar fotografer wanita yang baru saja pameran foto karyanya berjudul 25 Sahabat Bapak ini.

_MG_0921

Sonia memberikan tips untuk membuat konsep sebelum pemotretan antara lain: Menentukan akan membuat foto apa. kemudian  bagaimanakah gambaran visualisasinya. Gunakan imajinasi, perbanyaklah mencari referensi sehingga memperkaya khasanah. Lalau memikirkan bagaimana mengeksekusi fotonya seperti apa. baik teknik lighting yang digunakan, kostum, posing. Kemudian pikirkan mengenai proses pasca pemotretan yakni digital imaging setelah eksekusi foto.

“Dalam membuat sebuah konsep foto, buatlah konsep yang mana anda mampu membuat eksekusinya. Jangan membuat konsep yang justru akan mempersulit anda sendiri. Jika anda tidak bisa membuat karya foto secara eksekusi nyata, pikirkan apa olah digital dapat membantu. Jika ada fasilitas seperti Olah Digital, kenapa tidak?,” lugas wanita bertubuh mungil ini. [elr]

_MG_0953

_MG_0836

_MG_0864

_MG_0929

 

_MG_0962

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

id_IDIndonesian