BUAS, Bolpoin Unik Anti Stress

HI-GREAT 2015
Mei 29, 2015
Mahasiswa FTP Teliti Sifat Dielektrik Zat Aditif Bahan Pangan
Mei 29, 2015

BUAS, Bolpoin Unik Anti Stress

buas_2.jpgStres bisa terjadi pada siapa saja, dimana saja dan pada waktu kapan saja. Stress biasanya menyerang mereka yang mengalami konflik pelik, kelelahan, atau mendapat tekanan secara emosional. Berdasarkan data yang diperoleh, tingkat gangguan emosional yang berawal dari stres berkepanjangan di daerah perkotaan mencapai 9% sedangkan tingkat stres di area pedesaan sebesar 7%. Stres ini berdampak negatif pada kesehatan antara lain dampak secara kognitif, emosional, dan fisiologi. Dampak kognitif seperti sulit berkonsentrasi, sulit mengingat materi, dan sulit memahami materi. Dampak emosional antara lain sulit memotivasi diri, timbul perasaan cemas, frustasi, dan efek negatif lainya.Sedangkan untuk dampak fisiologis yaitu gangguan kesehatan seperti sering pusing, lemah dan insomnia.

Untuk mengatasi masalah stres tersebut, kelima mahasiswa Fakultas Teknologi Pertanian menginovasikan produk bolpoin multi fungsi yang bernama “BUAS” Bolpoin Unik Anti stress. Kelimanya adalah Dirayati Hanifa (THP 2012), Alifa Rahma Safitri (THP 2012), Pinta Rahma (THP 2013), Dodik Budianto (THP 2013) dan Riki Dakusta (TIP 2013) dibawah bimbingan Novita Wijayanti, STP. MP. yang menciptakan BUAS melalui Program Kreativitas Mahasiswa bidang Kewirausahaan (PKM-K) 2015. Dipaparkan Dodik, “Kami gunakan produk bolpoin karena bolpoin merupakan alat yang sering kita jumpai dan dibutuhkan oleh pelajar dan pegawai kantor yang berpotensi mengalami stres. Bila kita lihat, produk bolpoin umumnya  saat ini hanya berfungsi sederhana sebagai alat tulis saja. Selain itu, tak jarang terdapat produk bolpoin yang bahkan memiliki efek samping cukup buruk dari tinta ataupun penambahan senyawa lain,” jelasnya.

BUAS “Bolpoin anti stres” merupakan inovasi bolpoin dengan fungsi ganda yakni sebagai bolpoin sekaligus parfum aroma terapi yang didesain engan dua sisi yang berbeda. Aroma yang ditawarkan pada parfum BUAS ini meliputi aroma papermint dan menthol. Untuk aroma papermint memiliki kandungan Senyawa 1,8 sineol yang dapat mempengaruhi sistem saraf dengan meningkatkan gelombang kinerja otak namun memberikan efek rileks. Dan senyawa menthol dapat berfungsi mengurangi rasa ngantuk, meningkatkan suplai oksigen dalam darah,mencegah mual, merilekskan otot,mengurangi kelelahan dan memberikan efek segar bagi tubuh. Desain kerangka bolpoin dan kemasan yang unik dapat menambah nilai jual produk. Bolpoin didesain dalam bentuk aneka macam animasi hewan langka khas beberapa daerah di Indonesia seperti cucak ijo, tapir, komodo, badak bercula satu dan lain-lain. Hal ini menjadikan daya tarik tersendiri bagi kalangan pelajar, mahasiswa dan pekerja kantoran. Selain itu penggunaan desain kemasan yang unik ini merupakan salah satu upaya untuk membantu pemerintah dalam mengkampanyekan pelestarian hewan langka di Indonesia. Keunggulan lain produk ini adalah, dalam kemudahan isi ulang aromaterapi. Isian aroma terapi dapat juga diganti dengan parfum konsumen sendiri. Dengan harga dua puluh lima ribua rupiah saja, BUAS merupakan alternative bolpoin aromaterapi yang efisien. Daripada harus membeli aromaterapi, wadah dan juga bolpoin yang lebih mahal dan memakan tempat lebih banyak, cukup hanya dengan satu buah BUAS dapat memenuhi semua kebutuhan tersebut.

Jika dilihat dari pesaing yang ada, BUAS merupakan produk unggulan yang dapat bersaing di pasaran. Terbukti dari 100 buah total produksi yang telah dilakukan dalam satu bulan, sudah dapat mencapai penjualan sebesar 75 buah bolpoin dengan jangkauan pemasaran hingga mencapai Bandung, Kediri dan juga Tanggerang.  “Untuk strategi pemasaran kami menggunakan berbagai teknik offline dan online. Untuk teknik offline kami telah melakukan pemasan dengan konsinyasi pada toko kerajinan Malang.  Selain itu kami juga memasarkan produk BUAS secara online melalui  berbagai media sosial,” pungkas Dodik. Untuk mendapatkan produk BUAS dapat melalui pn BBM 76244ECA, twitter @bolpoinbuas, facebook Bolpoin Buas, Instagram @bolpoinbuas atau WhatsApp 08732230591. (dse)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

id_IDIndonesian