CARE HIMATETA Tanam 100 BIOPORI di PLTU Pacitan

Tabligh Akbar FORKITA 2015
November 9, 2015
Mahasiswa TEP Juarai Lomba Karya Tulis Ilmiah Alquran di Semarang
November 26, 2015

CARE HIMATETA Tanam 100 BIOPORI di PLTU Pacitan

3Sebagaimana peraturan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan tentang wajib peduli lingkungan bagi  setiap industri melalui Program Penilaian Peringkat Kinerja Perusahaan (PROPER) Badan Pengendalian Dampak Lingkungan (Bapedal), Tim Creative Action For Environment (CARE) Himpunan Mahasiswa Keteknikan Pertanian (HIMATETA) Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Brawijaya menanam 100 biopori di area sekitar kantor pusat PT PJB UBJOM PLTU Pacitan.

2PT PJB UBJOM PLTU Pacitan terletak di pesisir pantai Pacitan yaitu desa Sukorejo kecamatan Sidomoro Kabupaten Pacitan dengan luas lahan sebesar ± 65 Ha.Karakteristik lahan PLTU Pacitan yang kurang subur memerlukan adanya langkah konservasi  untuk meningkatkan fungsi tanah dan meningkatkan penghijauan di area tersebut. Konservasi yang dapat dilakukan diantaranya adalah penggunaan lubang resapan biopori untuk membantu proses kesuburan tanah, meningkatkan cadangan air hingga mampu dilakukan penghijauan.

Biopori merupakan lubang-lubang pada permukaan tanah yang berperan sebagai pintu masuk air hujan. Teknologi biopori dapat mengurangi limpasan (run off) air hujan dengan meresapkannya lebih banyak volume ke dalam. Lubang resapan biopori berfungsi sebagai depresi yang dapat menampung aliran air permukaan untuk memberi kesempatannya meresap ke dalam tanah. Lubang resapan biopori diisi dengan sampah-sampah organik untuk memancing mikroorganisme dalam tanah. Pergerakan mikroorganisme dalam tanah akan membuat alur-alur pori guna mempercepat penyerapan air. Selanjutnya resapan ini akan disimpan pada daerah cekungan air dalam tanah.

1Mengangkat tema “Implementasi Biopori Menuju PT PJB UBJOM PLTU Pacitan sebagai Green Power Plant”, CARE HIMATETA melaksanakan  penanaman 100 biopori pada awal bulan Oktober hingga bulan November 2015. Pembukaan acara dilaksanakan pada tanggal 09 Oktober di area taman sekitar kantor pusat PT PJB UBJOM PLTU Pacitan, dan acara peresmian dilaksanakan pada tanggal 20 November 2015 dalam rangka memperingati hari pohon sedunia yang jatuh pada tanggal 20 November 2015. Penyelesaian program ini dilakukan selama dua tahap yaitu tahap 1 pada tanggal 23 Oktober 2015 dan tahap kedua pada tanggal 20 November 2015. Dengan dilaksankan program ini, PT PJB UBJOM PLTU Pacitan berharap dapat memperbaiki kualitas lingkungan disekitar area PLTU Pacitan, dapat meningkatkan upaya penghijauan area PLTU Pacitan dan dapat meningkatkan kualitas lingkungan menuju Green Power Plant. PT PJB UBJOM PLTU Pacitan sangat menerima dengan terbuka program-program penelitian maupun pengembangan yang bertujuan meningkatkan kualitas lingkungan maupun kualitas kesejahteraan masyarakat di sekitar area PLTU Pacitan agar keseimbangan lingkungan tidak terganggu dan kesejahteraan masyarakat di sekitar PLTU Pacitan semakin meningkat. Program ini diharapkan dapat menjadi program yang terus berkelanjutan dan terus mengalami peningkatan sehingga semakin baik kualitas lingkungan di area PT PJB PLTU Pacitan. (dse)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

id_IDIndonesian