Choco Broo, Sang Penakluk Radikal Bebas

CHOCOHERO, Cokelatnya Para Hero
Mei 1, 2014
Foto Yudisium 2 Mei 2014
Mei 2, 2014

Choco Broo, Sang Penakluk Radikal Bebas

chocobrooMelihat potensi kandungan gizi brokoli dan kacang tanah dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh, membuat keempat mahasiswa Teknologi Hasil Pertanian (THP) FTP yang tergabung dalam tim “4 Serangkai Malang”; Hannes Dwi N., R.Aj Nura Irma H., Walidatii Ikhda K.U dan  Zulyaningsih dibawah bimbingan Jaya Mahar Maligan, STP, MP dan Feronika Happy S, STP. MP menciptakan inovasi produk baru berbasis pangan fungsional berupa vegetable chocolate praline “Choco Broo

“Brokoli dari suku kubis-kubisan atau Brassicaceae dapat dimanfaatkan sebagai bahan baku utama produk pangan fungsional karena tanaman bernama latin Brassica oleracea var Italica ini mengandung karbohidrat, protein, lemak,  serat, air, mineral dan bermacam vitamin terutama vitamin, C dan E,” demikian dijelaskan Hannes, salah satu anggota tim.

“Selain itu brokoli juga mengandung sulforafan, senyawa yang dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh dan menjadi kekuatan utama untuk melawan infeksi dan inflamasi. Kandungan sulforafan pada brokoli mampu mendetoksifikasi tubuh dan secara efektif akan mengeluarkan penyebab inflamasi. Berbagai penelitian juga membuktikan bahwa kandungan brokoli mampu menangkap radikal bebas sehingga sangat baik bagi kesehatan. Selain brokoli, pada produk ini kami juga menggunakan kacang tanah karena mengandung vitamin E yang merupakan sumber antioksidan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Rasa kacang tanah yang khas tentunya juga merupakan nilai tambah tersendiri pada produk ini. Sementara coklat sengaja kami pilih karena disukai semua lapisan masyarakat dari berbagai usia,” paparnya lebih lanjut.

Choco Broo merupakan suatu produk berbentuk bulat yang dibuat dengan mengkombinasikan brokoli dan kacang tanah dengan dilapisi cokelat dan dilengkapi topping rice crispy. Choco broo diproses secara sederhana melalui proses pemanasan minimal guna mempertahankan kandungan gizi bahan aslinya. Satu sajian Choco Broo sudah mengandung zat gizi lengkap berupa karbohidrat yang berasal dari rice crispy, protein dari kacang tanah, lemak dari cokelat serta vitamin dan mineral dari brokoli. (dse)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

id_IDIndonesian