Civitas FTP Jadi yang Terbaik se-UB

MORICO, MESIN AJAIB PEMBUAT ASAP CAIR KARYA MAHASISWA UB
Agustus 16, 2018
Rayakan Ultah, KMTL Adakan Donor Darah
Agustus 30, 2018

Civitas FTP Jadi yang Terbaik se-UB

Civitas akademika Fakultas Teknologi Pertanian terbukti sebagai dosen dan laboran terbaik di Universitas Brawijaya.  Hal ini dibuktikan pada Pemilihan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (DIKTENDIK) Berprestasi Tingkat Universitas 2018 yang dilaksanakan Lembaga Pengembangan Pendidikan dan Penjaminan Mutu (LP3M) Universitas Brawijaya (UB) pada awal Agustus lalu, FTP UB berhasil meraih penghargaan Dosen Berprestasi I oleh Prof. Ir. Simon Bambang Widjanarko, M.App.Sc., Ph.D. dan Luluk Mamluhah, S.Si. selaku Laboran Berprestasi I.

Selaku guru besar  teknologi pangan, Prof. Ir. Simon Bambang Widjanarko, M.App.Sc., Ph.D. berhasil menjadi yang terbaik menyisihkan kandidat lainnya berkat metode pembelajaran inovatif yang dikembangkannya dalam lima tahun terakhir. Prof. Simon termasuk pioner FTP dalam mengadakan sistem pembelajaran online melalui http://elearning.tp.ub.ac.id untuk jenjang S1-S2-S3. Materi kuliah, latihan soal, tugas terstruktur, kuiz, ujian hingga bimbingan diskusi dan menjawab tugas semua dilakukan secara online melalui page SBW Courses. Sebagai peneliti porang, Prof. Simon juga telah meraih lebih dari empat paten dalam empat tahun terakhir.  Penelitian porang Prof. Simon juga berhasil menarik minat kalangan industri sebagai pengganti bahan baku minuman  jelly drink yang sebelumnya diimpor dari RRC. Sebagai yang terbaik se-UB, kepemimpinan Prof. Simon juga telah dibuktikan dalam kepengurusan Senat UB. Setelah sebelumnya menjabat sebagai Sekretaris Senat UB, saat ini Prof. Simon merupakan Ketua Senat Komisi C yang membahas dan merumuskan: perencanaan jumlah tenaga dosen dan pegawai administrasi; etika dosen dan pegawai administrasi serta evaluasi aturan pelaksanaannya; perencanaan jumlah dan standar kualitas mahasiswa tiap-tiap fakultas, tata tertib (rule of conduct) mahasiswa; kriteria dan tata cara pemilihan rektor, dekan, pembantu dekan dan ketua lembaga serta evaluasi laporan rektor tentang pelaksanaan pengembangan Sumber Daya Manusia Universitas Brawijaya.Dikalangan FTP sendiri posisi Prof. Simon sebagai Dosen Terdisiplin CIVA AWARD FTP sejak 2014 tak tergantikan setiap tahunnya hingga saat ini.  Selain itu, bidang keilmuan Prof. Simon di dunia internasional juga dibuktikan dengan artikelnya yang dipublish di berbagai jurnal internasional terindeks SCOPUS dan perannya sebagai External Examiner untuk Ph.D. Thesis pada Department of Food Science and Technologi, UNIVERSITY TEKNOLOGI MARA- MALAYSIA, Institute of Graduate Studies atas nama Siti Azima Binti Abdul Muttalib awal 2018 lalu maupun Keynote Speaker International symposium on Austronesian Medicine and Alternative Therapy di National Pingtung University of Science and Technology – Taiwan.

Sementara itu atas inovasi, kreativitas, dan keunggulannya atas pengelolaan laboratorium Kimia dan Biokimia Pangan FTP, menjadikan Luluk Mamluhah, S.Si terpilih sebagai Laboran Berprestasi I. Inovasi Luluk Mamluhah dalam metode uji antosianin dengan perlakuan suhu 11 derajad celcius dan 4 drajad celcius berhasil meraih kadar tertinggi bila dibandingkan dengan sampel yang hanya disentrifuse maupun yang didiamkan pada suhu ruang. Inovasi inlah yang menjadikan Luluk Mamluhah berhasil menyisihkan laboran lain dan berhasil terpilih sebagai yang terbaik se-UB.

Menanggapi prestasi ini, Dekan FTP, Dr. Ir. Sudarminto Setyo Yuwono, M.App.Sc.  menyatakan,”Alhamdulillah, FTP memang Fakultas Tempat Prestasi.  Selamat untuk pak Simon sebagai Dosen Berprestasi dan bu Luluk sebagai Laboran Berprestasi se-UB. Raihan ini juga sekaligus membuktikan bahwa prestasi FTP UB selama ini juga berkat support dari semua pihak baik mahasiswa, dosen dan karyawan. Alhamdulillah dan selamat sekali lagi. Semoga prestasi ini dapat memotivasi yang bersangkutan maupun teman teman yang lain untuk makin dan terus berprestasi serta membawa berkah dan manfaat bagi semuanya,” pungkasnya. (dse)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

id_IDIndonesian