Coyotein, Yogurt Kelapa Multi Khasiat

Si-Gery, Si Pengering Pintar
Juni 2, 2016
MAHIR, Rumah Sang Maggot
Juni 3, 2016

Coyotein, Yogurt Kelapa Multi Khasiat

coyoteinDesa Sepanjang Kecamatan Gondanglegi Kabupaten Malang merupakan salah satu daerah dengan potensi kelapa yang cukup melimpah. Namun sayangnya pemanfaatan buah kelapa belum maksimal. Selama ini kelapa hanya dimanfaatkan sebagai bumbu masak atau dijual langsung seharga Rp 3000 per buah. Hal tersebut mendasari kelima mahasiswa Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Brawijaya mengadakan kegiatan pengabdian masyarakat melalui program COYOTEIN (Coconut Yoghurt High Protein). egiatan ini berupa sosialisasi dan penyuluhan pada masyarakat tentang diversifikasi pengolahan kelapa menjadi yoghurt untuk meningkatkan nilai ekonominya.

Kelima mahasiswa tersebut adalah Rahma Wati Pertiwi (Teknik Bioproses 2013), Aprillia Trinanda Kartika (Teknik Bioproses 2013), Juli Erwanda (Teknik Bioproses 2013), Natalia Simanjuntak (Teknik Bioproses 2013) dan Muhammad Sony Setyawan (Keteknikan Pertanian 2014) dibawah bimbingan Yusuf Hendrawan, STP., M.App.Life. Sc., Ph.D. Program pelatihan pada masyarakat Desa Sepanjang yang dilaksanakan mulai tanggal 13 Maret 2016 ini melingkupi  pelatihan pembuatan yoghurt dari kelapa muda  hingga packaging, strategi pemasaran dan izin usaha skala rumah tangga.

COYOTEIN merupakan yoghurt berbahan dasar kelapa muda dan susu sapi segar dengan penambahan starter bakteri Lactobacillus bulgaricus serta Streptococcus thermophilus. Pada proses produksi, tim COYOTEIN mengajarkan pada masyarakat dari proses sterilisasi-aseptis alat dan bahan hingga proses fermentasi. Sterilisasi merupakan tahapan penting yang tak boleh dilewatkan karena memisahkan bakteri jahat yang berbahaya bagi kesehatan. Sterilisasi dan fermentasi yang tepat juga akan berpengaruh pada kualitas produk maupun nutrisi yang dikandungnya.

Kelapa diketahu bersifat anti-bakteri, anti-virus, anti-fungi, dan juga berperan dalam mengendalikan kolesterol jahat dalam darah dan kesehatan jantung. Penelitian membuktikan yogurt kelapa kaya akan lemak dan rendah karbohidrat. Namun jenis lemak yang dikandung adalah lemak sehat yang justru bermanfaat  membantu usaha menurunkan berat badan. Yogurt kelapa juga baik untuk kesehatan pencernaan karena banyak mengandung bakteri baik di dalamnya. Berbeda dengan yogurt kelapa yang umumnya terbuat dari santan, COYOTEIN diproses dari kelapa muda yang dihaluskan. Salah satu anggota tim, Muhammad Sonny menuturkan,” Kami membuat yogurt ini dari kelapa muda yang diblender. Tidak melalui proses santan. Sebab biasanya santan dibuat dari kelapa tua. Padahal hasil uji laboratorium menunjukkan bahwa kelapa muda justru mengandung lebih banyak protein. Ini yang membedakan COYOTEIN dengan yogurt kelapa lainnya. Proses pembuatannya pun relatif lebih murah dan cepat sehingga nilai ekonomisnya lebih tinggi. Dibanding produk sejenis, COYOTEIN  juga mempunyai rasa lebih segar khas kelapa muda, ” tuturnya.

Sasaran masyarakat yang terlibat langsung dalam program ini adalah Ibu PKK Dusun Sonokembang RT 09 RW 04 Sepanjang, Gondanglegi, Malang. Dari uji coba pasar dikeliling desa, ternyata masyarakat merespon positif COYOTEIN berbentuk es lilin dan kemasan siap minum ini. Banyak permintaan untuk dikonsumsi langsung atau sebagai oleh oleh. Coyotein kemasan siap minum dapat dinikmati dengan harga enam ribu rupiah per botol 350 ml. Sementara eslilin COYOTEIN berharga seribu rupiah. Kedepan tim akan memperluas strategi pasar secara offline  di berbagai sentra oleh oleh maupun online dengan menggunakan media sosial.  (dse)

DSC_0121f

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

id_IDIndonesian