Crumbellina, Bergizi Secantik Namanya

MOICHIH, Mochi Cantik Sejuta Manfaat
Mei 12, 2014
Lomba Memasak Halal Food Fair 2014
Mei 14, 2014

Crumbellina, Bergizi Secantik Namanya

crumbelinaApple crumble merupakan makanan penutup atau dessert yang mudah dibuat. Terdapat irisan apel segar dengan rasa kayumanis yang nikmat didalamnya. Umumnya apple crumble dibuat dengan bahan baku utama apel dan tepung terigu. Namun apple crumble bernama “Crumbellina” hasil produksi mahasiswa Jurusan Teknologi Pertanian (THP-FTP-UB) dibuat dengan menggunakan apel dan terigu serta penambahan biskuit sebagai penguat rasa.

Adalah Feni Putri P, Austriena P, Titin Setyowati, Laila Rifka dan Nova Rizki F. dibawah bimbingan  Jaya Mahar Maligan, STP, MP dan Feronika Happy S, STP. MP. yang mengkreasi Crumbellina dengan tujuan menciptakan camilan fungsional yang nikmat sekaligus bermanfaat.

Apel merupakan buah yang banyak mengandung zat gizi yang bermanfaat bagi tubuh seperti karbohidrat, serat pangan, protein, vitamin dan mineral. Buah apel juga mengandung senyawa antioksidan yang bernama Quercetin. Quercetin merupakan salah satu jenis antioksidan yang termasuk dalam golongan flavonoid, dimana flavonoid ini dapat meningkatkan atau menstimulus fungsi makrofag dalam sistem imun tubuh, sehingga seseorang tidak mudah sakit pada saat kondisi cuaca sedang tidak bersahabat. Selain itu Apel juga banyak terdapat di Malang dan Batu sehingga pengolahan crumble ini diharapkan dapat menjadi salah satu pilihan untuk memperpanjang umur simpan komoditas.

Crumbellina memiliki cita rasa manis, gurih, dengan tetap mempertahankan rasa serta aroma khas buah apel. Setiap 2 wadah Crumbellina mengandung 11,05 mg Quercetin, suatu antioksidan, anti-histamin, dan anti-inflamasi sekaligus penangkal radikal bebas sehingga  menjadikan camilan ini sebagai pangan fungsional yang berpotensi sebagai imunomudulator atau peningkat system imun tubuh.  Harga yang ditawarkan pun cukup terjangkau untuk semua kalangan yakni Rp 4000,00/kemasan.  Makanan ini tidak hanya sesuai untuk dessert namun juga dapat digunakan sebagai camilan. Bagi masyarakat yang suka “ngemil”, apple crumble ini dapat menjadi pilihan sebagai camilan sehari-hari, tidak saja karena harganya yang ekonomis, terjangkau untuk semua kalangan, tetapi juga tetap menyehatkan. Tidak perlu khawatir akan dampak buruk terhadap kesehatan seperti camilan umumnya, karena Crumbellina justru memiliki kemampuan untuk meningkatkan kesehatan tubuh. (dse)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

id_IDIndonesian