Deep-Tech, Sang Mesin Goreng Ajaib

BIKUPEL, Biskuit Yummy Kaya Fungsi
Mei 16, 2016
Nonalika, Teknologi Nano Atasi Masalah Pascapanen
Mei 16, 2016

Deep-Tech, Sang Mesin Goreng Ajaib

mesin_3Abon merupakan salah satu jenis makanan yang kaya akan protein. Akan tetapi bila proses pemasakan yang lama akan mengakibatkan degradasi protein yang tinggi serta terbentuknya crust , oleh karena itu abon yang dihasilkan tidak baik untuk kesehatan. Akibat yang ditimbulkan seperti memicu timbulnya kanker, tumor dan kerusakan degradatif pada jaringan.
Rendahnya kualitas dan produktivitas pada pengolahan abon ikan oleh Kelompok Usaha Pandawa, melatarbelakangi keempat mahasiswa Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Brawijaya merancang sebuah alat khusus yaitu “Automatic Fish Floss Frying”.  Keempatnya adalah Diah Nuri N (TEP-FTP), M. Ilham Trilaksana (TEP – FTP), Vellarida Esa S (THP – FTP) dan M. Fahrizqy S (TEP – FTP) dalam bimbingan Yusron Sugiarto, STP, MP, M.Sc. yang menerapkan alat Automatic Fish Floss Frying pada Kelompok Usaha Pandawa , di desa Bantu Rejo kecamatan Ngantang, Kabupaten Malang melalui Program Kreativitas Mahasiswa Bidang Penerapan Teknologi (PKM-T) 2016.
Bantu Rejo merupakan salah satu desa yang terkenal dengan komoditas hasil perikanannya karena terletak dekat bendungan Selorejo. Karenanya Kelompok Usaha Pandawa menangkap sebuah peluang bisnis dalam pengolahan ikan menjadi abon ikan. Akan tetapi, abon ikan yang dihasilkan sering terjadi crust atau kerak pada abon ikan yang mengakibatkan rasa yang pahit. Hal tersebut dikarenakan proses penggorengan menggunakan wajan. Penggorengan dengan wajan membutuhkan waktu cukup lama sehingga mengakibatkan energi yang digunakan kurang efesien. Selain itu penggorengan dengan wajan juga mengakibatkan, produk kurang steril, kematangan kurang merata , serta absorbsi minyak  lebih banyak.
Alat Automatic Fish Floss Frying bernama DeepTech ini merupakan sebuah mesin yang dirancang untuk mengatasi permasalahan tersebut. Automatic Fish Floss Frying adalah teknologi penggorengan abon ikan yang menerapkan teknologi Deep Fat Frying dengan kapasitas hingga 90 liter. Keunggulan teknologi Deep Fat Frying adalah proses penggorengan lebih cepat sehingga menghasilkan produk yang lebih steril dengan tingkat kematangan merata. Keunggulan lain mesin goreng ajaib ini adalah adanya automatic IC (on-off) yang akan mengatur selenoid pada tabung gas, sehingga penggunaan bahan bakar lebih efektif dan efesien. Selain itu tersedia pula  automatic mixer dan automatic timer untuk membantu proses pencacahan ikan dan waktu penggorengan yang tepat. Setelah melakukan sosialisasi (11/05/2016) Kelompok Usaha Pandawa di Desa Banturejo diharapkan mampu memenuhi permintaan pasar dan menghasilkan produk unggul abon ikan yang berkualitas serta dapat menjadikan abon ikan sebagai oleh oleh khas Bendungan Selorejo.
Ketua tim,  Diah Nuri N mengatakan bahwa mesin ini berbahan kombinasi akrilic dan stainless hingga tidak gampang pecah tapi sekaligus ringan dan mempunyai daya hantar panas yang baik. Selain itu mesin ini juga tidak lengket dan dapat digunakan untuk berbagai bahan pangan. “Mesin ini kami anggap ajaib karena sejatinya dapat dipergunakan pada berbagai komoditas. Tidak hanya abon saja. Adanya alarm dan IC otomatis juga menyebabkan proses pemasakan yang lebih lebih sehat karena tidak merusak kandungan nutrisi bahan pangan.” tuturnya. (dse)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

id_IDIndonesian