Dies Natalis FTP, 21TH: Inovasi Untuk Negeri

Dosen TIP Kunjungi Southampton dan Birmingham City University
April 5, 2019
Kemeriahan Rangkaian Dies Natalis FTP ke-21 TH “CIVA AWARD” Ajang Penghargaan untuk Civitas Akademika FTP UB
April 7, 2019

Dies Natalis FTP, 21TH: Inovasi Untuk Negeri

Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Brawijaya (FTP UB) tahun ini genap berusia 21 tahun. Didirikan secara resmi pada tahun  1998 dengan SK Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Mendikbud RI). Dalam perjalanannya, FTP UB telah menorehkan beragam inovasi dan sumbangsih pada teknologi pertanian di Indonesia. Selain itu, beragam prestasi juga telah ditorehkan civitas akademika FTP UB di level nasional maupun internasional. Salah satu contoh pencapaian FTP UB adalah suksesnya mencetak hattrict sebagai Juara Umum Pimnas tiga tahun berturut-turut. Di level internasional, mahasiswa FTP juga sukses menjadi juara umum kompetisi pangan dunia IUFost 2018 dengan raihan tiga emas di India. Selain di bidang akademis, mahasiswa FTP UB juga berhasil menjuarai kompetisi paduan suara dunia dalam Busan Choral Festival & Competition 2018 di Korea Selatan. Tentunya ini semua tak lepas dari dukungan para dosen yang juga berprestasi. Ini dibuktikan dengan terpilihnya salah satu dosen FTP UB sebagai salah satu dari 10 besar dosen berprestasi se-Indonesia. Bahkan salah satu ketua program studi FTP juga pernah terpilih sebagai Ketua Program Studi Berprestasi Terbaik Kedua se-Indonesia. Selain itu, ada pula inovator yang juga merupakan ilmuwan Keteknikan Pertanian FTP UB yang pernah meraih penghargaan prestisius dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi berkoordinasi dengan lima kementerian Republik Indonesia berupa Anugerah Kekayaan Intelektual Luar Biasa  untuk kategori paten. Bahkan hasil karya inovasi civitas akademika juga berhail pecahkan rekor MURI melalui temuan wedang secang andong. Selain beragam prestasi yang telah diraih, kualitas tata kelola FTP UB juga terbukti baik dengan diraihnya peringkat akreditasi A BAN-PT untuk mayoritas program studi di FTP UB. Tak hanya terakreditasi nasional, ketiga program studi FTP UB juga telah tersertifikasi internasional dari IFT yang berpusat di Amerika Serikat untuk Program Studi S1 Ilmu dan Teknologi Pangan serta AUN-QA di tingkat ASEAN untuk Program Studi S1 Teknologi Industri Pertanian dan Program Studi S1 Teknik Pertanian.

Kali ini dalam rangka Peringatan Dies Natalisnya yang bertema “21 Tahun: Inovasi Untuk Negeri” FTP UB  melangsungkan enam mata acara, baik yang bersifat internal maupun terbuka bagi publik. Sebagian besar mata acara mengangkat topik terkait Inovasi, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat di bidang teknologi pertanian.

Rangkaian mata acara dalam menyambut Dies Natalis ke-21 FTP UB tersebut antara lain :

  1. Pemeriksaan Kesehatan Gratis

Tgl 25 – 26 Maret 2019, Aula FTP UB

  1. Grand Final Duta FTP 2019

Tgl 26 Maret 2019, Aula FTP UB

  1. Temu Alumni

Tgl 06 April 2019, Aula FTP UB

  1. Jalan Sehat & Peresmian Laboratorium Sensoris dan Ilmu Pangan Terapan

Tgl 07 April 2019, FTP UB

  1. Dekan Cup

Tgl 20 – 27 April 2019 , FTP UB

  1. Pengabdian pada Masyarakat

April – Juni 2019, Desa Binaan

Selain keenam mata acara tersebut, pada Dies Natalis ke-21 ini, FTP UB juga melahikan buku inovasi yang berisikan 66 karya inovasi civitas FTP sebagai sumbangsih untuk negeri. Melalui seluruh rangkaian acara Dies Natalis ke-21 FTP UB, diharapkan dapat menjadi inspirasi dan suluh semangat bagi kemajuan serta inovasi teknologi pertanian di Indonesia serta menjadi pendorong sumbangsih berkelanjutan bagi penelitian dan pengabdian masyarakat di negeri tercinta ini.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

id_IDIndonesian