Dosen FTP Adakan Workshop Pengelolaan Limbah Batik

Ngopi Ala Himalogista
Maret 16, 2019
THP UNSRI Kunjungi FTP
Maret 18, 2019

Dosen FTP Adakan Workshop Pengelolaan Limbah Batik

Agroindustri kreatif non-pangan merupakan salah satu motor pengerak perekonomian Indonesia, salah satunya adalah industri skala kecil dan menengah (UKM) batik. Batik adalah produk unggulan khas Indonesia yang sudah mendunia dan diminati oleh banyak konsumen dalam dan luar negeri. UKM batik di Indonesia berkembang pesat jumlah dan volume produksinya, yang juga berimplikasi pada meningkatnya volume limbah cair yang dihasilkan. Namun sayang, masih UKM batik belum didukung oleh adanya sarana dan prasarana instalasi pengolahan limbah cair batik. Selain itu, tingkat kesadaran akan bahaya limbah batik pada lingkungan juga perlu terus ditingkatkan.

Kegiatan kerjasama internasional antara Universitas Brawijaya dan University of Southampton melalui skema Industrial Academia Partnership Program dari the Royal Academy of Engineering- UK, telah mengangkat  limbah industri batik sebagai salah satu permasalahan masyarakat yang perlu diatasi. Kegiatan yang diketuai oleh Sri Suhartini, STP. M.Env.Mgt. PhD (dosen Jurusan Teknologi Industri Pertanian, Fakultas Teknologi Pertanian), selain difokuskan pada kegiatan penelitian, student dan staff exchange, juga difokuskan pada  kegiatan stakeholder engagement serta public engagement.

Kegiatan stakeholder engagement dilakukan dengan kegiatan workshop pengelolaan limbah batik yang telah diadakan pada tanggal 24 Februari 2019 ditujukan untuk pelaku industri Batik dengan melibatkan riset grup Sustainable Bioresourse, Waste Technology, and Bioeconomy (SBIstec). Pemateri Dra. Wiwik Niarti, salah satu pemilik industri batik memberikan materi tentang potensi dan permasalahan yang dihadapi langsung oleh pelaku bisnis ini. Sedangkan salah satu pemateri, Dr. Evi Kurniati (Jurusan Keteknikan Pertanian, FTP) juga menyampaikan tentang opsi-opsi pengolahan limbah batik yang potensial untuk diaplikasikan pada skala UKM.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

id_IDIndonesian