Dosen FTP Bimbing UKM Jamu Cik Gu

Pengumuman KKN Mapres 2019
Oktober 1, 2019
Delegasi Universitas Brawijaya Pada Indonesia in Sakura Exchange Program in Science Japan
Oktober 2, 2019

Dosen FTP Bimbing UKM Jamu Cik Gu

Dosen jurusan Teknologi Industri Pertanian Fakultas Teknologi Pertanian (FTP) Universitas Brawijaya (UB), Ardaneswari Dyah Pitaloka Citraresmi, STP, MP., membimbing Usaha Rumah Tangga Jamu “Cik Gu”, Kota Batu dalam Pelatihan Perbaikan Pengemasan, Manajemen Pengelolaan Usaha, dan Strategi Pemasaran, Jumat (27/09/2018).

Usaha Rumah Tangga Jamu “Cik Gu” merupakan unit usaha penghasil jamu kunir asem dan beras kencur. Usaha ini berdiri sejak tahun 2015 dan terletak di Jalan Pronoyudho, no. 42, Dadaprejo, Junrejo, Kota Batu. Kapasitas produksi dari Usaha Rumah Tangga Jamu “Cik Gu” yaitu masing-masing sebanyak 45 botol jamu kunir asem dan beras kencur. Muhammad Rizal selaku pemilik usaha menyampaikan, “Kegiatan ini sangat dibutuhkan oleh Usaha Jamu “Cik Gu”, karena keterbatasan IPTEK yang kami milik. Kami harapkan pelatihan ini dapat bermanfaat bagi pengembangan Usaha Jamu “Cik Gu” dan terjalin kerja sama lebih lanjut di masa mendatang”, paparnya.

Dalam melaksanakan kegiatan pengabdian pada masyarakat ini Ardaneswari Dyah Pitaloka Citraresmi, STP, MP., bersama tim yang beranggotakan Dr.Ir. Endah Rahayu Lestari, MS., Wike A.P. Dania, STP, M.Eng, P.hD., dan Andan Linggar Rucitra, STP, MP., dari jurusan Teknologi Industri Pertanian FTP UB membimbing seluruh peserta pelatihan yang merupakan pemilik usaha jamu dalam tiga materi utama yaitu perbaikan alat pengemas botol jamu, perbaikan label kemasan, dan perbaikan pemasaran produk.

“Sebelum melakukan kegiatan ini, kami telah mendata kebutuhan pihak Usaha Jamu “Cik Gu” dengan melakukan survey dan wawancara yang memunculkan tiga kebutuhan dasar mereka. Perbaikan alat pengemas botol jamu diberikan untuk membekali pemilik dan pengelola Usaha Jamu “Cik Gu” dalam memperbaiki proses pengemasan agar produksi yang dilakukan berjalan lebih cepat dengan kapasitas produksi yang sesuai target dan menghindari cidera bagi pekerja. Kami juga memberikan materi tentang perbaikan label kemasan agar kemasan yang dihasilkan lebih informatif, komunikatif, menarik dan meningkatkan minat beli konsumen, selain itu perbaikan label kemasan juga diharapkan dapat membantu Usaha Jamu “Cik Gu” dalam perbaikan kegiatan pemasarannya. Ini juga dilakukan untuk memastikan Usaha Jamu “Cik Gu” memenuhi standar proses produksi untuk memperoleh sertifikasi dalam rangka meningkatkan kepercayaan konsumen dan memperluas pasar. Selain itu, kami juga memaparkan perbaikan pemasaran produk yang berisikan materi tentang bagaimana sebaiknya Usaha Jamu “Cik Gu” mengelola pemasaran dengan baik, mengembangkan pemasarannya dengan memanfaatkan pemasaran digital untuk memperluas pasar sehingga diharapkan dapat meningkatkan pendapatan,”kata Ketua tim, Ardaneswari Dyah Pitaloka Citraresmi, STP, MP.

Wike A.P. Dania, STP, M.Eng., Ph.D., salah satu anggota tim menambahkan, pelatihan ini dilaksanakan sebagai salah satu kewajiban dosen di sebuah perguruan tinggi untuk melakukan transfer IPTEK ke masyarakat. Diharapkan kegiatan ini dapat bermanfaat bagi perbaikan dan pengembangan Usaha Jamu “Cik Gu”.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

id_IDIndonesian