UKM Stik Keju Sawojajar Kembangkan Usahanya dalam Binaan Dosen FTP

Dosen FTP Bina Santri PPMM Muhammadiyah Dau Malang
December 4, 2018
Pengumuman Hasil Seleksi Mahasiswa Baru Jalur Alih Program (SAP)  pada tanggal 04 Desember 2018
December 12, 2018

UKM Stik Keju Sawojajar Kembangkan Usahanya dalam Binaan Dosen FTP

Dengan tujuan mendampingi pengembangan dan perbaikan usaha kecil menengah, dosen FTP UB
yang tergabung dalam tim Pengabdian Masyarakat perwakilan Jurusan Teknologi Hasil Pertanian,
Fakultas Teknologi Pertanian, Universitas Brawijaya melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat di UKM Prima Sari, Kelurahan Sawojajar, Kota Malang, Minggu, 7 Oktober 2018.

Tim yang terdiri dari Novita Wijayanti, STP., MP., Indria Purwantiningrum, STP., MP., Rhytia Ayu Cristanti, STP., M.Sc., MP. dan Freini Dessi Efendi, STP., MP. mengangkat topik tentang PENDAMPINGAN PENGEMBANGAN USAHA DAN PERBAIKAN KEMASAN PRODUK STIK KEJU DI UKM “PRIMA SARI”.
Diketuai Novita Wijayanti, STP.MP., tim ini mendampingi UKM Prima Sari yang dimiliki oleh Ibu Mathilda Indri dalam memecahkan permasalahan yang dihadapi selama ini, seperti kendala pencetakan stik keju yang manual sehingga kapasitas produksi terbatas, kemasan dan labelisasi sederhana hingga minimnya pengetahuan tentang SSOP (Sanitation Standard Operating Procedure).

Novita memaparkan, “Kami melihat adanya potensi UKM Prima Sari untuk lebih maju, sehingga kami mendukung UKM melalui program pengabdian masyarakat dengan cara mendampingi serta memberikan solusi dari kendala yang dihadapi, termasuk diantaranya menghibahkan seperangkat alat guna memudahkan proses produksi, menghibahkan seperangkat kemasan beserta desain label dan modul SSOP. Diharapkan dari program ini, UKM Prima Sari dapat meningkatkan kapasitas dan efisiensi produksi, mengendalikan kualitas produk melalui penggunaan kemasan dan label yang baik dan serta meningkatan pengetahuan dan menerapkan sanitasi dan keamanan pangan (penerapan SSOP), meningkatkan nilai jual produk,” jelasnya. (FDE)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *