Dosen FTP Jelaskan Program Desa Berdaya di Tumpang Malang

Pemeriksaan Kesehatan Gratis
Maret 14, 2018
Daftar Hadir Perkuliahan Semester Genap 2017/2018
Maret 16, 2018

Dosen FTP Jelaskan Program Desa Berdaya di Tumpang Malang

Sri Suhartini, Ph.D. dosen jurusan Teknologi Industri Pertanian Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Brawijaya memberikan materi pada ratusan peserta pada acara  “Sarasehan Rakyat” di Desa Kidal Kecamatan Tumpang Kabupaten Malang, Sabtu (10/03/2018).

Pada acara sarasehan bertema “Peran Masyarakat Termarginal dalam Pemberdayaan dan Pengentasan Kemiskinan dengan Program BUMDes” tersebutSri Suhartini, Ph.D. sebagai perwakilan LPPM UB menjelaskan tentang konsep desa berdaya. “LPPM UB memiliki Program Doktor Mengabdi merupakan yang diresmikan Rektor Universitas Brawijaya, Prof. Moh. Bisri, dalam mendukung kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi.  Salah satu desa binaan UB pada program ini adalah Desa Kidal ini yang kaya akan potensi pertanian baik berupa sayur mayur maupun buah buahan seperti nangka, jeruk hingga durian. Saat panen berlimpah, harga komoditas tersebut cenderung menurun hingga sekitar Rp.15.000/kg pada buah nangka. Padahal produktivitasnya mencapai 25 ton/hari. Komoditas itu yang kita coba olah untuk menjadi aneka olahan sehingga mampu memperpanjang umur simpan sekaligus meningkatkan nilai ekonominya. Kami juga sengaja menggandeng kaum difabel untuk mengolah hasil pertanian tersebut. Jadi selain meningkatkan potensi ekonomi komoditi, harapannya kaum difabel yang berada disini juga lebih meningkat kesejahteraannya. Sehingga dengan demikian dapat lebih mendukung Program BUMDes,” jelasnya.

Turut hadir pada kesempatan tersebut Ketua Komite Penasehat Menteri Desa, PDTT, dan Transmigrasi, Prof. Haryono Suyono, Bupati Malang, Dr. H. Rendra Kresna, Kepala BKKBN Provinsi Jawa Timur, Yenrizal Makmur, Kepala Desa Kidal – Tumpang, Ahmad Taufik, Kelompok UMKM se-Kabupaten Malang, Poktan dan Karang Taruna se-Kecamatan Tumpang, serta Muspika setempat. (dse)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

id_IDIndonesian