Dosen FTP Kembangkan Batik Donowarih Malang

Workshop Kewirausahaan Mahasiswa THP “Romansa Bersama Wirausaha Muda”
Oktober 4, 2019
Speak For Free Food 2019: Tingkatkan Kemampuan Berbicara Bahasa Inggris Bersama ESP
Oktober 12, 2019

Dosen FTP Kembangkan Batik Donowarih Malang

Sebagai upaya mendukung pembentukan agro techno park (ATP) Donowarih, tim Dosen Fakultas Teknologi Pertanian (Sri Suhartini, PhD., Dr. Susinggih Wijana, Dr. Widya D. R.  Putri, dan Dr. Panji Deoranto) melalui Program Pengembangan Desa Mitra (PPDM) MenristekDikti, telah melakukan kegiatan pelatihan dan pendampingan aneka kreasi batik dengan menggandeng UKM Batik di Kota Malang. Kegiatan yang dilakukan pada tanggal 11 Oktober 2019 ini merupakan kelanjutan dari kegiatan pelatihan dan pendampingan yang telah dilakukan pada tanggal 3 Agustus dan 18 September 2019. Beberapa produk kreasi batik yang telah dikenalkan antara lain Decoupage, Suspeso dan Dompet Batik.

Selain kegiatan pelatihan, pembentukan kelompok agroindustri non-pangan (aneka kreasi batik) juga telah dilakukan, yang melibatkan 10 orang ibu-ibu rumah tangga di Desa Donowarih. Oleh karena itu, dalam kegiatan kali ini, difokuskan pada peningkatan mutu dan kualitas produk aneka kreasi batik khususnya produk Suspeso dan compet batik,  sehingga kelompok dapat melakukan proses produksi. Mitra UKM Batik, yaitu Batik Blimbing Malang dan juga penggiat kreasi kerajinan tangan Dra.  Rr. Hannie Purwandari, telah membagikan juga tips dan trik dalam melakukan pemasaran produk, serta contoh-contoh produk kreasi batik lainnya yang memiliki nilai jual dan minat pasar tinggi.

Adanya kegiatan pelatihan dan pendampingan ini telah mampu memberikan pengetahuan tambahan kepada ibu-ibu peserta. Serta dapat berpotensi memberikan tambahan pemasukan jika ditekuni lebih mendalam. Tim Dosen UB juga akan terus memberikan pendampingan dan juga pengenalan teknologi lainnya, sehingga keberadaan kelompok industri aneka kreasi batik ini dapat menunjang pembentukan ATP Donowarih. Selain itu, potensi untuk mengembangkan produk aneka kreasi batik sangat tinggi, mengingat program pemerintah Desa Donowarih yang semakin menggiatkan desain dan motif batik khas Donowarih. Harapannya, produk aneka kreasi batik ini dapat menjadi salah satu produk souvenis khas Donowarih yang rencananya akan dipasarkan di daerah rest area Karangploso.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *