Dosen FTP Kenalkan Hidroponik di SMPN 1 dan SMPN 5 Karangploso

Pengumuman Pembekalan PKL Semester Ganjil 2021/2022
September 6, 2021
Dosen UB Ajarkan Foto Produk di Desa Wisata Sidomulyo
September 20, 2021

Dosen FTP Kenalkan Hidroponik di SMPN 1 dan SMPN 5 Karangploso

Pola bercocok tanaman bagi warga kota bercocok tanam menjadi hal yang sulit dilakukan karena terbatasnya lahan. Saat ini pola bangunan warga kota adalah apartemen dan perumahan minimalis dimana notabene warga memiliki luas tanah yang sempit, kondisi tanah yang kritis dan keterbatasan jumlah air. Maka hal tersebut dibutuhkan solusi agar warga kota dapat bercocok tanam. Didasarkan hal tersebut, pola tanam hidroponik menjadi salah satu alternatif yang baik bagi warga kota agar tetap dapat bercocok tanam dilingkungan sekitarnya. Metode Deep Flow Technique (DFT) yang dikombinasikan dengan sistem Nutrient Film Technique.

Acara pengabdian kepada masyarakat yang diselenggarakan oleh dosen serta mahasiswa di Program Studi Teknologi Bioproses Jurusan Keteknikan Pertanian dengan judul Pengenalan dan Penerapan Sistem Perpipaan DFT-NFT (Deep Flow Technique- Nutrient Film Technique) Melalui media Hidroponik bagi kelompok masyarakat di Malang. melibatkan siswa siswi SMP N 1 dan SMPN 5 Karangploso. Acara ini diselenggarakan pada Hari Sabtu, 4 September 2021 pukul 09.00 sampai 12.00 dengan dihadiri oleh siswa siswi kelas 8 dan 9 dari kedua sekolah. Rangkaian kegiatan ini berupa sambutan oleh KPS Teknologi Bioproses oleh Bapak Yusuf Wibisono, Ph.D. dilanjutkan dengan sambutan oleh Wakil Kepala Sekolah SMPN 1 Karangploso Bapak Arifin, S.Pd, M.Pd. dan Wakil dari Kepala Sekolah SMPN 5 Karangploso Bapak Achmad Syaroni, S.Pd. Jumlah peserta 61 termasuk guru guru dari kedua sekolah.

Program pengabdian ini dimulai dengan memutarkan video yang telah diambil pada tanggal 10 Agustus 2021 tentang bagaimana proses penanaman dengan system hidroponik yang diperagaan oleh ketua tim pengabdian Dina Wahyu Indriani, S.TP, M.Sc dan Inggit Kresna Maharsih, ST, M.Sc.

Sehingga sistem hidroponik DFT-NFT yang paling tepat untuk model usaha pertanian, sebagai salah satu solusi yang patut dipertimbangkan untuk mengatasi masalah pangan akibat keterbatasan lahan. Semua jenis tanaman dapat ditanam dengan sistem pertanian hidroponik DFT-NFT, namun biasanya masyarakat banyak yang menanam tanaman semusim.

Acara ini juga dilengkapi dengan kuis dengan e money sebagai hadiah. Acara belangsung selama 3 jam dengan peserta yang antusias , diakhiri acara pemberian kesan pesan oleh peserta yang dalam hal ini adalah ketua osis dari masing masing sekolah SMP N 1 Karangploso oleh Teuku Yudha  dan SMPN 5 Karangploso Zaviar Azzadila yang juga sekaligus Juara 1 dan 2  kuis webinar tersebut.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

id_IDIndonesian