Dosen FTP Lakukan Pengabdian Masyarakat di UKM Emping Jagung Malang

Pengumuman Pengambilan SKPI Periode XII TA 2017/2018
Oktober 24, 2018
Dosen FTP Bina Agroindustri Desa Kidal
Oktober 26, 2018

Dosen FTP Lakukan Pengabdian Masyarakat di UKM Emping Jagung Malang

Proses pengolahan emping jagung yang cukup sederhana dan mudah tentu berpeluang untuk diadopsi oleh masyarakat, terutama petani jagung sebagai tambahan ekonomi dengan membentuk industri rumah tangga (home industry). Salah satu home industry pengolah jagung di Kota Malang adalah  UKM Sinar dan UKM Berkah yang terletak di Kelurahan Pandanwangi, Kecamatan Blimbing, Kota Malang. UKM ini mengolah jagung menjadi emping jagung.  Namun sayangnya , kelompok UKM Sinar dan UKM Berkah masih belum memiliki desain kemasan yang menarik, inovatif, dan kreatif. Kemasan kedua UKM tersebut masih menggunakan plastik transparan dengan tambahan stiker kertas berisi beberapa informasi produk. Kemasan tersebut masih belum bisa melindungi emping jagung yang mudah rapuh terutama pada saat perjalanan. Kemasan konvensional ini juga belum memberikan unsur promosi memadai kepada masyarakat. Selain itu, kemasan kedua UKM juga masih memungkinkan penggantian kemasan (repackaging) oleh perusahaan lain sehingga rawan disalahgunakan. Kekurangan daya kreatif ini akan berdampak pada daya saing di pasar domestik baik jangka pendek maupun jangka panjang.

Selain itu, emping jagung produksi UKM Sinar dan UKM Berkah belum memiliki kombinasi rasa dalam produknya. Pesaing UKM emping jagung lainnya pun kebanyakan masih menggunakan aneka rasa serupa. Selain mengakibatkan kejenuhan pasar, keuntungan yang didapat belum maksimal karena produk mudah dijumpai dengan kualitas yang sama. Kreativitas dan inovasi yang berkelanjutan diperlukan supaya produk emping yang dihasilkan dapat bertahan di pasaran.  Kendala lain yang juga dihadapi adalah kapasitas mesin produksi serta masih kurangnya kemampuan pelaku kedua UKM dalam penguasaan teknologi dan kehigeinisannya sehingga perlu ada inovasi dan diseminasi teknologi dalam proses produksi.

Melihat berbagai kendala kedua UKM tersebut, tim dosen Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Brawijaya, Dr. Ir. Imam Santoso, MP. bersama Dr. Ir. Sudarminto Setyo Yuwono,M.App.Sc., melakukan pembinaan melalui Program Kemitraan Masyarakat dengan memberikan bantuan peralatan alat pengemas serta bimbingan beberapa jenis dan bentuk kemasan. Selain itu tim juga mengenalkan pengolahan aneka rasa emping jagung. Hal ini dilakukan sesuai dengaan hasil identifikasi, bahwa dibutuhkan penggunaan alat pengemas yang lebih baik serta perlunya dilakukan diversifikasi produk. Hal ini bertujuan agar produk lebih bernilai jual tinggi.

Perbaikan desain kemasan UKM Sinar dan UKM Berkah dilakukan dengan menambah varian baru yakni kemasan plastik bening dengan kemasan plastic stand-up pouch zipper bening dan kemasan sekunder berupa kemasan karton berwarna. Adapun ragam rasa emping jagung yang dapat dilakukan untuk menarik daya tarik konsumen adalah dengan menambahkan level kepedasan pada rasa pedas dan kombinasi rasa pedas dengan rasa lainnya. Pengadaan dan pembimbingan terkait mesin produksi berupa alat penggorengan digunakan pula untuk meningkatkan kapasitas produksi dan mengurangi waktu produksi. Pelaksanaan kegiatan yang telah dilakukan menghasilkan penggunaan alih teknologi pengemasan produk UKM yang sebelumnya menggunakan pengemas berupa handsealer diganti dengan pedal sealer. Alih teknologi ini terbukti dapat meningkatkan nilai jual produk lebih tinggi karena image kemasan lebih menarik, menjamin keamanan produk karena kualitas kemasan yang sangat tebal dan kedap udara luar. Jumlah penjualan produk emping juga mengalami peningkatan yang cukup signifikan dengan dipasarkannya ke pasar modern.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

id_IDIndonesian