Dosen FTP Presentasi di 7th ASAE Conference Hanoi

Dosen Muda FTP Menangkan Olimpiade Karya Tulis Inovatif di Paris
Oktober 18, 2011
PSIKOTEST UNTUK MABA FTP
Oktober 19, 2011

Dosen FTP Presentasi di 7th ASAE Conference Hanoi

Dosen Fakultas Teknologi Pertanian (FTP) Universitas Brawijaya (UB), Panji Deoranto, STP. MP. PhD, mempresentasikan paper berjudul Spantial Intregration and Price Transmission of Chikcen Market in Central Java Indonesia pada 7th  Asian Society of Agricultural Economists (ASAE) Conference di Hanoi, Vietnam, 13-15 Oktober 2011.

Dosen Jurusan Teknologi Industri Pertanian (TIP) tersebut berpartispasi aktif dalam konferensi internasional bersama 98 kandidat dari berbagai negara sedunia lainnya. Panji, demikian dia disapa, mempresentasikan hasil penelitian yang dirintasnya sejak  tahun 2004  hingga 2009 mengenai adanya fenomena pergerakan keatas harga pasar komoditas ayam potong khususnya saat adanya seremoni atau peringatan keagamaan serta  fluktuasi harga besar-besar dtingkat peternak dibanding level retail yang terjadi  Jawa Tengah.

Fenomena yang dirasa merugikan konsumen  tersebut, akhirnya menggelitik Panji  untuk mencetuskan gagasannya membuat studi analisa mengenai integrasi spasial pasar dan tansmisi harga serta arah kebijakan yang diusulkan untuk tercapainya efesiensi harga pasar komoditas ayam potong di Jawa Tengah.

Dengan menggunakan piranti test Dickey Fuller dan Hukum satu harga, dosen yang baru menyelesaikan program doktoral di Philipina ini, mengindikasikan adanya efek dari kebijakan tarif impor dan panjangnya jarak sangat mempengaruhi harga pasar komoditas ayam potong secara signifikan  di tingkat ritel. (elr)





Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

id_IDIndonesian