Dosen FTP Sediakan Air Sehat Siap Minum di SDIT Insantama Malang

Kajian Internal Peduli Pangan HIMALOGISTA : Pentingnya Perlindungan Konsumen Terhadap Kehalalan Produk Makanan
Oktober 7, 2019
Mahasiswa FTP Meraih Juara 3 LKTIN Environation 2019 di Institut Teknologi Sepuluh November
Oktober 8, 2019

Dosen FTP Sediakan Air Sehat Siap Minum di SDIT Insantama Malang

Terlaksananya pendidikan kesehatan ini tercermin dari siswa-siswi telah membiasakan serta melaksanakan kebersihan dan kesehatan pribadi secara teratur. Anak SD pada dasarnya sudah mengetahui bahwa mereka memerlukan air putih yang harus dikonsumsi setiap harinya untuk mendukung pertumbuhan otak dan fisik serta untuk segela aktivitas mereka. Namun demikian upaya untuk menumbuhkan kesadaran akan pentingnya minum air sehat dan halal guna mendukung hidup bersih dan sehat bagi siswa SD masih rendah. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya siswa sekolah dasar masih belum sepenuhnya mengetahui pentingnya air putih bagi kesehatan. Siswa SD lebih suka jajan sembarangan untuk meminum teh kemasan, softdrink dan minuman-minuman berwarna lainnya yang mengandung banyak gula. Sehingga dampak yang ditimbulkan yaitu siswa SD banyak mengalami gigi berlubang, penurunan stamina kesehatan dan bahkan menderita penyakit serius hingga mengalami kematian.

Sementara itu beberapa SD di Kota Malang termasuk SD Islam Terpadu Insantama Kec. Lowokwaru juga mengeluhkan akan minimnya instalasi penyedia air minum yang sehat serta dapat dioperasikan secara terus menerus dengan biaya atau energi yang rendah. Selain itu pihak yang juga belum ada pihak yang mengedukasi lebih dalam terkait pentingnya air sehat bagi kesehatan siswa SD. Hal ini merupakan sesuatu yang harus segera dilaksanakan mengingat konsep Islamic Boarding School yang diterapkan agar siswa memperoleh pembinaan menyeluruh baik aspek akademik, kepribadian, maupun kepemimpinan sehingga siap menjadi calon pemimpin umat masa depan yang tangguh dan handal.

Oleh karena itu sangat penting untuk membiasakan anak didik sejak usia SD untuk memahami pentingnya meminum air yang berguna untuk kesehatan serta mengenalkan kepada mereka cara untuk menyiapkan air yang sehat dengan teknologi filtrasi dan UV sebagai disinfeksi. Keunggulan teknologi filtrasi membran dengan penambahan UV dapat menghasilkan air minum sehat dari air keran secara terus menerus dengan biaya yang sangat rendah. Sehingga pada program pengabdian kepada masyarakat ini dilakukan sosialisasi tentang air yang sehat bagi kesehatan serta pengenalan dan pemberian teknologi tepat guna (TTG) berupa instalasi air minum sehat berbasis membrane filtrasi dan UV di SDIT Insantama Kota Malang. Selain itu untuk mengetahui tingkat kepuasan siswa dan guru atas teknologi tepat guna alat pengolah air minum yang telah dipasang, maka dilakukan analisis kepuasan konsumen dengan metode Importance Performance Analysis (IPA) dan Consumer Satisfaction Index (CSI).

Berdasarkan uraian dari permasalahan yang dihadapi SD Islam Terpadu Insantama Malang, maka tim dosen Fakultas Teknologi Pertanian (FTP) Universitas Brawijaya (UB) yang diketuai Angky Wahyu Putranto, STP. MP., dengan anggota Dr. Ir. Bambang Dwi Argo, DEA ., Dr. Yusuf Wibisono, STP, M.Sc., dan  Ni’matul Izza, STP, MT ini melaksanaaan kegiatan Pengabdian Masyarakat yang diarahkan untuk pemecahan masalah tersebut, meliputi : sosialisasi terkait pentingnya minum air putih bagi kesehatan siswa SDIT Insantama Kota Malang, sehingga menjadi budaya ketika mereka sudah dewasa; mengintroduksi dan mengaplikasikan teknologi modern untuk menyediakan air sehat berbasis membrane filtrasi dan UV sebagai disinfektan dengan biaya dan energi yang rendah termasuk memberikan peralatannya; serta melakukan sosialisasi dan pelatihan bagi siswa dan guru SDIT Insantama Kota Malang untuk menggunakan instalasi teknologi tepat guna untuk menghasilkan air sehat bagi siswa SDIT Insantama secara berkelanjutan.

Adapun mekanisme pelaksanaan kegiatan pengabdian dalam sosialisasi dan pemberian teknologi tepat guna (TTG) berupa instalasi air minum sehat berbasis membrane filtrasi dan UV di SDIT Insantama Kota Malang ini dilakukan dalam empat tahapan action research yang terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi dan evaluasi dan refleksi.

Beberapa manfaat kegiatan tentang penerapan teknologi pengolahan air minum untuk menyediakan air minum sehat bagi siswa di SDIT Insantama Kota Malang ini diantaranya adalah makin meningkatnya pemahaman siswa-siswa SDIT Insantama Kota Malang tentang pentingnya minum air bagi kesehatan; meningkatnya pemahaman guru dan siswa SDIT Insantama tentang teknologi penyediaan air minum sehat berbasis membrane filtrasi dan strerilisasi ultraviolet; serta terutama adalah ketersediaan air minum sehat secara berkelanjutan di SDIT Insantama Malang berkat implementasi teknologi pengolah air minum berbasis membrane filtrasi dan strerilisasi ultraviolet. (dse)

 

 

 

1 Comment

  1. Wafdan A.F berkata:

    Terima Kasih Sudah Menyediakan Air Bersih Siap Minum Untuk “SDIT Insantama Malang”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

id_IDIndonesian