Dosen TEP Pembicara Workshop Internasional di Cina

BRAVO School BEM FTP
Maret 18, 2014
BEM FTP Peringati Hari Air& Hutan
Maret 21, 2014

Dosen TEP Pembicara Workshop Internasional di Cina

Z31Dosen Jurusan Keteknikan Pertanian Fakultas Teknologi Pertanian, Yusuf Hendrawan, STP, M.App.Life Sc., PhD, menjadi pembicara pada “Workshop on Information Technologies in Sustainable Agriculture for 9 Billion People’s Food Production, di Zhejiang University, Hangzhou, Cina 12-13 Maret 2014.

Workshop yang diselenggarakan Laboratory of Bio-Sensing Engineering, Kyoto University serta Intelligent Bioindustrial Equipment Innovation Team, Zhejiang University ini diikuti para ahli di bidang Information Technologies dari kalangan akademisi dan industry di negara-negara Asia seperti Jepang, China, Indonesia, Korea, Taiwan, Malaysia, Bangladesh, dan Thailand.

Acara ini disponsori oleh Universitas Kyoto, Jepang. Berasal dari Project bertajuk “Supporting Program for Interaction-based Initiative Team Studies (SPIRIT)”.

Pada forum internasional tersebut, Yusuf Hendrawan memaparkan karya ilmiahnya berjudul “Sustainability of Food Production in Indonesia and the Development of Precision Agriculture Technology”.

Dalam presentasinya, Yusuf menjelaskan tentang peran dan fungsi pertanian presisi yang menerapkan teknologi informasi dalam menghasilkan produk pangan yang berkualitas. Serta plant factory dan bagaimana pengembangan teknologinya di Indonesia sebagai alternatif penyediaan sumber bahan pangan untuk 9 milyar populasi di masa depan.

Beberapa aplikasi pertanian presisi adalah irigasi presisi serta pencahayaan presisi. Untuk mencapai hasil yang sangat presisi, Yusuf menambahkan intelligent control pada setiap aplikasinya. Metode Speaking Plant Approach (SPA) juga digunakan untuk mengetahui kebutuhan nyata dari tanaman, sehingga bisa diberikan air dan cahaya yang sangat presisi sesuai kebutuhan tanaman. Dengan demikian, pertumbuhan tanaman bisa semakin optimal.

Pengembangan pencahayaan presisi juga akan menjadi bahan kajian yang akan dipresentasikan oleh Yusuf pada seminar internasional berikutnya di 19th IFAC World Congress pada tanggal 24-29 Agustus 2014 di Capetown, South Africa. (yhd/elr)

1903994_10203592009386883_1033400807_n

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

id_IDIndonesian