Dosen TIP Bimbing Fermentasi Biji Kakao di Malang dan Trenggalek

Menuju Akreditasi, Dua Jurnal FTP Ikuti Workshop dan Terindeks DOAJ
Juli 19, 2018
Mahasiswa FTP UB Sulap Limbah Apel jadi Nata
Juli 21, 2018

Dosen TIP Bimbing Fermentasi Biji Kakao di Malang dan Trenggalek

Dr. Dodyk Pranowo, pakar Kewirausahaan jurusan Teknologi Industri Pertanian Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Brawijaya membimbing petani dan para pegiat UKM pengolahan Biji Kakao dalam kegiatan “Bimbingan Teknis Fermentasi Biji Kakao ” yang diselenggarakan di UPT PTPBP2KP Malang , Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Timur pada tanggal 9-12 Juli 2018 dan di Balai Benih Ikan Trenggalek, Jawa Timur pada tanggal 17-19 Juli 2018.

Pelatihan yang diikuti 30 peserta yang berasal dari petani dan para pegiat UKM pengolahan Biji Kakao  ini dimaksudkan agar dapat melatih keterampilan dalam bidang olahan biji kakao dan dapat melakukan penanganan pasca panen seperti pemanenan, sortasi buah dan pemeraman kakao.

Dalam pelatihan diketahui bahwa kendala selama ini yang ada pada petani kakao dalam mengolah biji kakao pasca panen adalah produktivitas tanaman di bawah potensi normal karena banyaknya tanaman tua maupun yang tak terawat dengan baik, adanya berbagai serangan hama, mutu biji rendah serta belum berkembangnya industri hilir dalam negeri hingga sulitnya petani mendapatkan pendanaan dalam bidang pengembangan.

Materi Dr. Dodyk diantaranya menjelaskan tahapan pengolahan kakao pasca panen hingga pemeraman buah kakao dilakukan dengan tujuan untuk mengurangi kandungan lendir pada buah yang melapisi biji basah serta untuk memperoleh jumlah yang sesuai untuk pengolahan. Tahapan tersebut diantaranya adalah pemecahan buah yang dilakukan untuk mengeluarkan biji kakao dari buahnya;  sortasi biji basah untuk memilih biji segar dan memisahkan biji dari kotoran-kotoran pengganggu maupun biji yang cacat, fermentasi, perendaman dan pencucian biji agar biji yang didapat bersih dari sisa-sisa kotoran daging buah kakao, pengeringan, sortasi biji kering dipilih biji yang kering sempurna, pengemasan dan penyimpanan. (dse)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

id_IDIndonesian