Dosen TIP Bina UKM Bawang Hitam

Guru Besar FTP Terpilih Sebagai Sekertaris Jendral ASEAN Universities Consortium on Food and Agro-Based Engineering and Technology Education (AUCFA) 2019
Oktober 20, 2019
Mahsiswa FTP Meraih Juara 2 Pada LKTIN PRISMA 8 di Fakultas Pertanian Universitas Brawijaya
Oktober 21, 2019

Dosen TIP Bina UKM Bawang Hitam

Sebagai upaya mendukung program pengabdian Kepada Masyarakat yang diadakan oleh Badan Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Fakultas Teknologi Pertanian, Tim Dosen Teknologi Industri Pertanian (Dr.Ir. M. Hindun Pulungan,MS; Ir. E.F. Sri Maryani S. MSIE; Dr. Ir. Sukardi, MS; dan Isti Purwaningsih, STP, MT) telah mengadakan pelatihan  terkait pembuatan makanan dan minuman fungsional bawang hitam dengan menggandeng UKM yang memproduksi bawang hitam di Desa Sumbersekar.  Kegiatan dilakukan pada tanggal 25 September 2019.  Beberapa produk yang dijadikan sebagai materi pelatihan adalah minuman dari bawang hitam dengan penambahan kayu manis atau perisa moka, serta permen coklat isi bawang hitam sebagai camilan.

Selain kegiatan pelatihan terkait pengolahan bawang hitam menjadi makanan dan minuman fungsional, para peserta juga diberikan pengarahan dan diskusi terkait rencana pemasaran produk, serta alat dan mesin.  Pada kegiatan kali ini difokuskan pada pelatihan pembuatan produk olahan bawang hitam serta diskusi untuk dapat menjaga kualitas produk tetap baik dengan proses pengemasan yang tepat. Kegiatan ini melibatkan 26 orang ibu-ibu rumah tangga di Desa Sumbersekar, dengan mitra UKM bawang hitam Floresko.

Adanya kegiatan pelatihan ini telah mampu memberikan pengetahuan tambahan kepada ibu-ibu peserta. Kegiatan Pelatihan juga memotivasi ibu-ibu rumah tangga untuk mulai berwirausaha sehingga dapat memberikan penghasilan tambahan jika ditekuni lebih mendalam. Diharapkan melalui kegiatan pelatihan ini juga dapat terbentuk 1 daerah dengan 1 produk khas, sehingga dapat mengangkat nama daerah tersebut. Tim Dosen UB juga akan terus memberikan pendampingan dan juga pengenalan teknologi lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

id_IDIndonesian