Dosen TIP FTP Latih Diversifikasi Produk Olahan Durian di Tulungagung

Elinna Primadiani, Mahasiswa Berprestasi FTP 2019
Februari 15, 2019
Rektor Lantik Sivitas FTP sebagai Dekan FKH dan Wadek II FTP
Februari 18, 2019

Dosen TIP FTP Latih Diversifikasi Produk Olahan Durian di Tulungagung

Dr. Dodyk Pranowo, pakar Kewirausahaan jurusan Teknologi Industri Pertanian Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Brawijaya membimbing masyarakat dan UKM pegiat durian dalam kegiatan “Pelatihan Diversifikasi Produk Makanan Olahan berbahan Baku Durian” yang diselenggarakan oleh Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jawa Timur, Kamis (14/02/2019) di Ruang Pertemuan Graha BMT Pahlawan, Tuungagung.

Pelatihan yang diikuti 30 peserta yang berasal dari masyarakat sekitar, petani dan  pemilik UKM ini dimaksudkan agar masyarakat sekitar dan para petani tidak hanya menjual buah segar namun juga dapat menjadikan durian sebagai olahan berdaya saing tinggi dengan menggunakan bahan-baku yang melimpah di daerah Tulungagung.

Beberapa materi yang dibahas dalam pelatihan yang digelar selama dua hari ini diantaranya adalah Dukungan pemerintah Tulungagung terhadap pengembangan industri makanan di kabupaten Tulungagung oleh Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Tulungagung, Potensi perkembangan dan permasalahan pada tanaman buah durian di kabupaten Tulungagung oleh Dinas Pertanian Kabupaten Tulungagung, Penyusunan rencana bisnis olahan buah durian oleh FaFakultas Ekonomi Universitas Airlangga serta Diservikasi produk olahan pangan berbahan baku durian oleh Dr. Dodyk Pranowo dari FTP UB. Selain itu peserta pelatihan juga berkesempatan praktek pengolahan pangan pangan bersama LPK Rieny.

Dalam paparannya, Dr. Dodyk menjelaskan bahwa seluruh bagian durian dapat dimanfaatkan asal melalui pengolahan yang tepat. Daging buah durian dapat dimanfaatkan menjadi aneka penganan seperti pancake, pie, vla, jus, bolu, bubur, es krim, puding, kolak, klapertart, serabi, pizza, milkshake, strudel, martabak, es lilin, ketan hingga sop dan ketan durian. Adapun biji durian dapat dimanfaatkan menjadi  keripik, kolak atau tepung biji durian yang dapat dimanfaatkan untuk menggantikan tepung terigu dalam pembuatan bahan pangan . Selain itu, kulit buah durian dapat pula dimanfaatkan sebagai obat nyamuk,  obat sakit perut, obat bisul, pupuk organik, manisan hingga briket kulit durian yang beraroma wangi ketika dibakar.  (dse)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

id_IDIndonesian