Dosen UB Ajari UKM Produsen Lolypop Malang

Paduan Suara Mahasiswa FTP Floice Borong Prestasi Pada Kompetisi 7th Satya Dharma Gita Choir Festival
September 7, 2019
ABC FTP Akan Menggelar Young Entrepreneur Seminar NAFTEX Bertajuk “Create Innovation to Get Opportunity in The Era of Disruption”
September 8, 2019

Dosen UB Ajari UKM Produsen Lolypop Malang

Ini merupakan salah satu pelaksanaan dari kegiatan PKM tentang Peningkatan Efisiensi Proses Produksi Dan Daya Saing Produk Permen Lolypop Sebagai Oleh-Oleh khas Kabupaten Malang yang didanai dari RISTEK DIKTI dan LPPM Universitas Brawijaya tahun 2019 oleh Ibu Dr, Retno Astuti, STP,MT dari TIP FTP UB, dengan Dr. Musthofa Lutfi, STP,MO (TEP FTP) dan Rudianto Raharjo, ST,MT (Teknik Mesin, FT, UB). Kabupaten Malang merupakan salah daerah terluas nomer dua di Jawa Timur yang sangat kaya dengan potensi bidang pertanian, perkebunan dan pariwisata. Asosiasi UKM Malang Jatiraya merupakan salah satu kelompok organisasi yang mewadahi UKM di Kabupaten Malang beranggotakan sekitar 45 UKM dengan berbagai produk.

UKM UD “Darma Daksa” merupakan salah satu anggota sekaligus pioner yang sukses dalam produksi pangan yaitu permen Loypop di Kabupaten Malang. UKM UD “Darma Daksa” merupakan salah satu produsen permen Lolypok merk “Nusantara” yang saat ini eksis dengan 5 variasi produk permen (bunga, kelereng/kojek, bulat, ulir, kupu). Pangsa pasarnya mayoritas di Luar Jawa Timur untuk mengantisipasi persaingan sesama Permen Lolypop di Malang yaitu Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, Sumatera, DKI, Jawa Tengah dan Jawa Barat.

Rendahnya pemahaman UKM dalam teknologi BTP, Good Manufacturing Practices sehingga bisa melakukan proses produksi dengan aman dan higienis. Selain itu keterbatasan teknologi dalam pemotongan adonan dan pencetakan permen lolypop bentuk bulat (kojek) masih manual sehingga berdampak pada keragaman ukuran serta produk reject sebesar 50%.. Solusi untuk bisa memperbaiki dan meningkatkan efisiensi dalam proses produksi permen Lolypop adalah mekanisasi untuk mesin Pemotong Adonan dan Pencetak Permen Lolypop terutama bentuk bulat (kojek) sehingga akan bisa mengurangi produk reject serta memperbaiki kualitas produk. Pelatihan dan pendampingan teknis pada UKM  tentang  teknologi BTP dan GMPs. Kegiatan Bimtek dilakukan dengan narasumber Claudia Gadizza Perdani, STP,MSc tentang GMPs dan Bahan Tambahan Pangan (BTP)  yang akan sangat menentukan kualitas produk permen Lolypop. Selama ini Ibu Anik selaku pimpinan belum memahami terkait penggunaan BTP yang harus sesuai dengan BPOM sehingga memotivasi UKM untuk bisa mengetahui lebih detil tentang BTP. Bahkan UKM saat ini sedang mengikuti pembinaan terkait pengajuan sertifikasi halal produknya karena ada permintaan dari konsumen yang mengharuskan sudah tersertifikasi halal. Terkait dengan diseminasi mesin Pemotong Adonan dan Pencetak permen Lolypop akan sangat mengurangi beban kerja dan meningkatkan efektivitas serta efisiensi produksi permen Lolypop sehinggah hasil cetakan permen Lolypop juga akan lebih seragam dan makin berdayasaing.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

id_IDIndonesian