DPM Bertandang ke UGM

Mahasiswa Yudisium 31 Oktober 2013
Oktober 31, 2013
DPM Gelar PEMILWA FTP 2013
November 15, 2013

DPM Bertandang ke UGM

IMG_6396Bertujuan hendak bertukar pengalaman untuk lebih membuka wawasan, Pengurus inti Dewan Perwakilan Mahasiswa Fakultas (DPM) Teknologi Pertanian Universitas Brawijaya (FTP UB) melakukan kunjungan ke DPM & Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) FTP Universitas GajahMada, Yogyakarta, Senin,(4/11).

Dikatakan ketua rombongan yang juga merupakan ketua DPM FTP UB, Yoga Armanda, agenda program kerja studi banding tersebut diisi dengan berbagi informasi dan sharing pengalaman maupun budaya dari masing-masing unit aktivitas yang terdapat di FTP UGM dan FTP UB. Tugas dan fungsinya secara umum hampir sama dengan FTP UB. Bedanya dalam hal posisi bugeting untuk Progker LKM FTP UGM.

Jumlah dana yang diberikan kepada LKM sangat berbeda jauh.  LKM FTP UGM mereka hanya diberikan dana proker dari fakultas untuk satu tahun hanya beberapa juta. Sedangkan di LKM FTP UB dana proker dari fakultas sangatlah besar. Misalnya, untuk dana proker himpunan selama satu periode hanya bekisar 10-14 juta. Sedangkan di LKM FTP UB, dana proker untuk himpunan sebesar 20 juta. Contoh yang lain adalah Lembaga legisaltif. Untuk Senat FTP UGM, dana proker selama satu periode yang diberikan dari fakultas sebesar 2,5 juta. Dan DPM FTP UB dana proker selama satu periode adalah sebesar 12,5 juta. Ini adalah perbedaan yang sangat besar bila disandingkan dengan dana yang digelontorkan untuk agenda mahasiswa.

“Dari hasil sharring dapat disimpulkan sebuah wacana yang mungkin dapat diterapkan di FTP UB yakni sistem dalam organisasi. Dapat diambil benang merahnya, bahwa sistem manajemen dan keuangan diantara keduanya sangatlah berbeda,” ujarnya.

Dimana pada DPM FTP UB,system manajemen dan keuangan masih banyak dibantu oleh pihak fakultas dalam hal ini Sub. Bagian Kemahasiswaan dibawah arahan Pembantu Dekan III FTP.  Senat FTP UGM diberikan keleluasaan khusus untuk manajemen keuangan semua LKM FTP UGM. Dan termasuk persetujuan dalam pelaksanaan dan evaluasi setiap acara. Untuk di FTP UB, posisi DPM FTP belum menjalankan fungsinya dalam hal bugeting. Karena keuangan langsung dimanajemen oleh pihak birokrat dalam hal ini Pembantu Dekan III dibantu dengan sub.bag Kemahasiswaan FTP.

“Sementara di FTP UGM, DPM dan Senat diberi keleluasaan untuk mengatur system manajemen keuangannya secara mandiri termasuk penentuan program kerja, pelaksanaan maupun evaluasinya. Sehingga lebih membuat mahasiswa merasa dipercaya dan mengasah rasa percaya diri. Mungkin kedepannya FTP UB dapat menerapkan sistem pengelolaan yang lebih mandiri seperti yang telah diterapkan rekan-rekan DPM di UGM” ungkapnya mahasiswa THP angkatan 2010.

Setelah sharing dan tanya jawab, kunjungan diakhiri dengan saling bertukar vandel sebagai kenang kenangan. Diakhir keterangannya, Yoga menambahkan, semoga kunjungan yang merupakan salah satu program kerja dari DPM FTP 2013 ini diharapkan mampu semakin meningkatkan kerja sama dan mempererat kerjasama diantara DPM FTP UB dan BEM FTP UGM. (dse/elr)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

id_IDIndonesian