DUVAC, Ekstraktor Cerdas Minyak Atsiri ala FTP

Pembekalan PKL Ganjil 2018/2019
Juli 17, 2018
HYCROFER Bantu Petani Sawi
Juli 18, 2018

DUVAC, Ekstraktor Cerdas Minyak Atsiri ala FTP

Meningkatnya permintaan akan kebutuhan minyak atsiri mendorong mahasiswa Universitas Brawijaya untuk menciptakan alat yang dapat mempercepat dan meningkatakan kualitas serta kuantitas minyak atsiri. Indonesia sendiri merupakan salah satu produsen minyak atsiri di dunia seperti minyak jeruk, minyak nilam dan minyak cengkeh. Pasar untuk minyak atsiri ini meningkat sebesar 10 % pertahunya dengan total nilai mencapai USD 0.16 milyar pada tahun 2011 dilansir dari data kementrian perdagangan, 2013.

Tim yang terdiri dari Nabillah Putri Aryaanti, Faisal Ramadhan, Muhammad Aliy Akbar dan Widya Nur Habiba ini telah menciptakan alat yang bernama DUVAC ( Distilation under Vacuum) yang merupakan alat distilasi minyak atsiri dalam kondisi vacum dengan metode refluks yang membuat ekstraksi minyak atsiri berjalan lebih cepat (75% lebih cepat), hemat energi, dengan kualitas dan kuantitas minyak atsiri yang dihasilkan lebih tinggi dibandingkan dengan metode ekstraksi lain seperti menggunkan soxhlet serta memiliki efisiensi sebesar 90%.

Dalam penerapanya, tim DUVAC bekerja sama dengan mitra CV. Wisata Petik Jeruk yang terletak di desa Selorejo Malang, Jawa Timur untuk memproduksi minyak atsiri dari kulit jeruk. Kulit jeruk merupakan limbah yang dihasilkan oleh CV. Wisata Petik Jeruk yang memproduksi jeruk mencapai 14 ton untuk sekali panen. Kulit jeruk yang tidak dimanfaatkan akan menghasilkan limbah yang dapat mengganggu pemandangan dan menghasilkan bau busuk. Selain itu kulit jeruk mengandung minyak atsiri yang dapat dimanfaatkan dalam berbagai bidang seperti untuk kosmetik, pangan, kimia dan pharmaceutical.

Minyak atsiri yang dihasilkan ini dapat dijual dengan harga 800.00/kg nya sehigga dapat menambah pendapatan mitra. Menurut Nabilla, selaku ketua tim menyatakan. Alat ini merupakan inovasi baru yang harapanya dapat dimanfaatkan untuk para petani dan pelaku usaha minyak atsiri di Indonesia sehingga dalam perkembangannya Indonesia menjadi negara pengekspor minyak atsiri terbaik di dunia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

id_IDIndonesian