Eksplorasi Kopi Liberika dari Ujung Timur Pulau Jawa, Kopi Penyelamat Lingkungan

Pembekalan Praktik Kerja Lapangan (PKL) Mahasiswa Tahun ini Mahasiswa Dihimbau Untuk Tidak Membawa Hadiah Bagi Dosennya
November 12, 2022
FTP Sosialisasi Anti Gratifikasi pada Ortu Mahasiswa
Desember 8, 2022

Eksplorasi Kopi Liberika dari Ujung Timur Pulau Jawa, Kopi Penyelamat Lingkungan

Kopi sebagai komoditas perdagangan penting di dunia terus berkembang setiap tahunnya. Komoditas ini memiliki kaitan yang erat dengan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat petani kopi maupun industri berbasis kopi. Perkebunan kopi yang berkembang di Indonesia umumnya dikelola oleh negara maupun perkebunan swasta dan perkebunan rakyat. Budidaya kopi diantaranya dilakukan dalam sistem agroforestri, dengan wilayah tumbuh areal hutan atau dekat dengan hutan, sehingga tanaman kopi ini juga mendukung ekosistem dan konservasi keanekaragaman hayati. Daerah Jawa Timur menjadi salah satu area kantong produksi kopi di Indonesia, salah satu perkebunan kopi yang dikenal di masyarakat yaitu perkebunan kopi di Kawasan Geopark Ijen Banyuwangi, dengan Kecamatan Kalipuro sebagai salah satu daerah yang memiliki produktivitas kopi cukup tinggi. Kopi yang dibudidayakan masyarakat Kecamatan Kalipuro salah satunya adalah kopi Liberika (Coffea liberica), spesies yang banyak dijumpai di wilayah sekitar hutan namun tidak banyak dibudidayakan seperti kopi Arabika maupun Robusta. Namun dibalik ceri buah kopi, biji kopi Liberika ini menyimpan potensi untuk dikembangkan karena dapat ditingkatkan mutunya dan memiliki keunikan citarasa. Bukan hanya itu, kopi liberika memiliki andil yang besar sebagai penyerap karbon sehingga memiliki jasa lingkungan yang tinggi.

Hal ini yang mendorong civitas akademika Universitas Brawijaya dari Fakultas Teknologi Pertanian (FTP) dan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam berkolaborasi melakukan eksplorasi terkait kopi liberika di Kalipuro, Banyuwangi. Tim eksplorasi diketuai oleh Wenny Bekti Sunarharum, STP, M.FoodSt., Ph.D.(FTP), dan beranggotakan  Prof. Luchman Hakim, S.Si., M.Agr.Sc., Ph.D (FMIPA), Tunjung Mahatmanto, STP, M.Si, PhD (FTP) dan Yoga Dwi Jatmiko, S.Si., M.App.Sc., Ph.D (FMIPA). Bermodal kepedulian terhadap komoditas lokal yang berdampingan dengan upaya konservasi, mahasiswa Universitas Brawijaya yang tergabung dalam tim eksplorasi ini melakukan survey kebun kopi liberica untuk mendapatkan berbagai data fisik maupun biotik kebun yang dapat berkontribusi pada mutu kopi yang dihasilkan. Hasil pengujian menggunakan metode SCA cupping test menunjukkan bahwa kopi liberika dari kebun yang disampling memberikan skor citarasa dalam rentang kualitas very good (antara 70-80). Skor ini dapat ditingkatkan lagi tentunya sehingga citarasa kopi liberika menjadi lebih baik dan dapat menunjukkan keunikan karakternya.

Penelitian ini nantinya juga akan melakukan studi metagenome untuk identifikasi mikroba dalam buah ceri kopi liberica dengan harapan dapat dimanfaatkan untuk pengolahan maupun perbaikan mutu kopi yang dihasilkan.

Kopi liberika yang umumnya ditanam dalam sistem agroforestri memiliki potensi yang sangat besar untuk dikembangkan. Kopi liberica memiliki ciri khas rasa nangka dengan pohon yang tinggi dan daun yang lebar. Kopi ini merupakan jenis kopi yang belum banyak dibudidayakan atau dieksplorasi, seperti kopi Arabica dan Robusta. Namun, kopi Liberika memiliki potensi untuk dikembangkan baik dari segi citarasa, penunjang pariwisata, maupun pengembangan konservasi. Kopi liberica dapat memberikan rasa kopi yang khas dan banyak jasa terhadap lingkungan dengan menyerap karbon dari udara, selain juga memiliki keunggulan yaitu ketahanan terhadap hama penyakit maupun perubahan iklim. Berbagai manfaat yang didapat dari kopi liberica ini menunjukkan potensi pengembangannya dalam konsep coffee sustainabilty. Kopi ini dapat dilestarikan dan menyokong sistem agroforestri, mendukung keunggulan daerah Banyuwangi dan membantu menyokong perekonomian dan kesejahteraan masyarakat sekitar.

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Skip to content