Biocyrus, Bahan Baku Bioetanol dari Rumput Teki

Lithuania,Persembahan Teater Lempung FTP
Juni 20, 2014
Pelatihan Auditor Internal Mutu FTP
Juni 25, 2014

Biocyrus, Bahan Baku Bioetanol dari Rumput Teki

bioetanollSeiring penggunaan bahan fosil yang terus meningkat, dibutuhkan cara lain agar kebutuhan energi tetap terpenuhi. Sebab diperkirakan persediaannya akan habis 25 tahun kedepan. Selain itu penggunaan bahan bakar fosil menghasilkan gas buang berupa emisi CO2, PbO, CO, SO2, karbon, dan hidrokarbon yang dapat mencemari lingkungan sehingga dibutuhkan cara lain agar kebutuhan energi tetap terpenuhi.

Inilah yang mendasari kelima mahasiswa Keteknikan Pertanian (TEP) FTP-UB, Agung Cahyono, Utami Ardini, Mujaroh Khotimah, Hakim Al-Kautsar dan Ainun Azizi mengembangkan bahan baku bioethanol sebagai energi alternatif menggunakan rumput teki dengan teknik pre-treatment dengan gelombang micro. Inovasi ini dikembangkan dalam kegiatan Program Kreativitas Mahasiswa bidang Penelitian (PKM-P)  berjudul Bio-Cyrus (Bioethanol Cyperus rotundus.) : Biokonversi Rumput Teki Menjadi Bioethanol berbasis Teknologi Microwave Heating-Sulphat Acid Pre-Treatment.

Rumput teki (Cyperus rotundus) sengaja dipilih mengingat jumlahnya sangat berlimpah dan kaya akan karbohidrat maupun mineral. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, rumput teki memiliki kandungan hemiselulosa 24,39%, selulosa 22,91%, dan lignin 14,30%. Tanaman ini juga mengandung komponen polisakarida memungkinkan menjadi bahan baku bioetanol melalui proses  fermentasi.

IMG_2233Proses pembuatannya sendiri sangat sederhana. Rumput Teki yang telah bersih, dipotong kecil lalu dikeringkan dengan penjemuran dan pengovenan.  Bahan yang telah kering tersebut selanjutnya menjalani proses penepungan pada mesin disk mill sampai menjadi bubuk.  Bubuk Rumput Teki itu lalu di rendam dalam larutan aquades dan H2SO4 untuk kemudian dipanaskan dalam microwave.  Setelah melewati tahap pre-treatment, bubuk rumput kemudian di fermentasi dengan menggunakan bakteri Saccharomyces cereviseae untuk kemudian dimurnikan untuk menjadi etanol. (dse)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

id_IDIndonesian